panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 April 2011 | 13:39 wib
Kawanan Babi Hutan Serang Lahan Pertanian

 

Rembang, CyberNews. Ratusan petani di Desa Langgar, Manggar dan Rakitan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, dua bulan terakhir resah menyusul meningkatnya serangan kawanan babi hutan yang merusak lahan pertanian. Kawanan babi hutan itu kerap menyerang secara berkelompok setiap malam hari.

Lasmui (40), warga Desa Manggar menyebutkan, sekitar 1 ha lahan padi dan ketela miliknya rusak setelah diserang kawanan babi hutan. Selain itu, hama babi juga menyerang lahan jagung milik warga di perbukitan. "Karena serangan ini, kami menelan kerugian hingga Rp 1 juta lebih," jelasnya, Senin (4/4).

Dasrun (43), petani lainnya menambahkan, serangan hama babi hutan ini diperparah kedatangan landak dan tupai. Lahan pertanian yang jauh dari pemukiman membuat hama tersebut leluasa menyerang lahan pertanian pada malam hari. "Kami berharap ada solusi untuk menghentikan serangan hama babi hutan ini. Sebab, untuk mengandalkan patroli swadaya oleh masyarakat jelas tak memadai," jelasnya.

Koordinator PPL Sluke Masram menuturkan, masih mendata luasan lahan pertanian yang diserang hama babi hutan itu. "Kebanyakan lahan yang terserang berada di perbukitan dekat dengan kawasan hutan," tandasnya.

Sementara itu, kabar serangan kawanan babi hutan ini direspon anggota Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Rembang. Surahmin, pengurus Perbakin Rembang mengatakan, pihaknya kini tengah mengkoordinir anggotanya untuk turun memburu babi hutan liar di kawasan tersebut.

Hewan ini juga diperbolehkan untuk diburu. "Hama babi hutan memang kerap turun gunung, terutama saat musim kemarau tiba. sebelumnya, kami sudah turun memburu babi hutan di wilayah Sedan," tandasnya.

( Saiful Annas / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15602
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16541
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 16306
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18884
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15774
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER