panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 April 2011 | 19:11 wib
Pemkab Purbalingga Siapkan Lelang ELektronik

Purbalingga, CyberNews. Pemerintah Kabupaten Purbalingga menargetkan tahun 2011, proses lelang pengadaan barang dan jasa sudah bisa dilakukan dengan mekanisme lelang elektronik.

Proses lelang elektronik tersebut, diyakini akan mengurangi resiko adanya proses lelang yang sarat dengan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN). Seperti misalnya, terjadinya pengondisian proses pengadaan barang dan jasa, sehingga hanya menguntungkan sejumlah pihak.

"Dengan lelang elektronik, pengiriman dokumen keikutsertaan lelang dikirim secara elektronik, sehingga pertemuan penyelenggara dengan calon peserta lelang sangat minim," jelas Kabag Pembangunan Setda, Suroto.

Dijelaskan, dengan proses pengadaan barang dan jasa melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) itu, penyelenggara tidak akan bisa membatasi siapa saja yang berminat untuk ikut lelang. "Karena itu, secara normatif bisa membatasi adanya KKN atau pengondisian," tuturnya.

Hingga kini, realisasi rencana tersebut masih pada tataran pembahasan. Suroto mengatakan, launching LPSE Purbalingga bisa terlaksana setelah proses penataan organisasi sesuai dengan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang terbaru.

Setelah penataan selesai, diteruskannya, tinggal menunggu peraturan bupati dan mengurus perijinan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pusat. "Paling cepat bisa dilaksanakan saat APBD Perubahan 2011, pertengahan tahun ini," tandasnya.

Disinggung mengenai ketersediaan alat dan sumber daya manusia, untuk mengelola layanan itu, Suroto mengatakan semua itu sudah ada. Bahkan, calon pengelola LPSE sudah dilatih sejak setahun lalu. "Nanti akan dilatih kembali secara internal dan tidak menutup kemungkinan melibatkan LPSE terdekat," katanya.

Dia menuturkan, pemkab tidak terburu-buru dalam menyiapkan LPSE. Pemkab, ingin menyiapkan layanan tersebut secara maksimal, baik itu dari sisi penyelenggara maupun calon peserta lelang. "Kami ingin betul-betul siap dan LPSE bisa berjalan efektif," ujarnya.

( Bangkit Wismo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15498
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16425
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 16187
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18764
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15663
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER