panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Maret 2011 | 23:59 wib
Buku Yasin Raksasa Wujud Rasa Cinta
.

Purwokerto, CyberNews. Wujud cinta terhadap pasangan bisa bermacam-macam. Salah satunya seperti yang dibuat Toeriman Madyo Miharjo, sebagai wujud cinta pada sang istri Mumpingah yang telah mendahului menghadap Sang Khalik. Kakek berusia 79 tahun itu, membuat sebuah buku yasin raksasa berukuran 86 cm X 64 cm.

Buku yang terbuat dari bahan triplek dan kertas manila tersebut ia buat untuk memperingati 1000 hari meninggalnya sang istri. Saat ditemui di rumah sang anak di RT 1 RW 4 Kelurahan Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan, ia menuturkan sangat berharap memiliki sebuah buku yasin yang bisa dibaca bersama oleh banyak orang, namun tak harus berjumlah banyak.

Dari hasil pemikiran itulah timbul ide pembuatan buku yasin raksasa itu. Dia mengaku, pada awalnya tak bisa menulis huruf arab dengan baik, namun tekadnya yang besar membuatnya terus berusaha belajar tata cara penulisan huruf arab secara baik dan benar. Berkat ketekunannya itulah akhirnya buku yang ia impikan bisa terwujud.

"Kesulitan membuat buku ini adalah saat membuat bingkai untuk menghias halaman, sebab sangat njlimet," ujar pensiunan guru bahasa jawa tersebut.

Ia menuturkan, butuh waktu sekitar delapan bulan guna menyelesaikan buku karyanya itu. Cukup lama memang, sebab buku itu ia buat sambil nyambi menjaga toko. Selama kurun waktu pembuatan itu, sudah 24 spidol besar, tiga pensil 2B, serta enam botol tinta spidol ia habiskan. "Saya tak tahu pasti pembuatan buku ini menghabiskan uang berapa, sebab bahan saya beli secara mipil," kata dia.

Meski pembuatannya disambi menjaga toko, namun ia tak main-main dalam membuat buku yasin tersebut. Menurutnya sebelum menulis, dia harus berwudhu terlebih dahulu. Saat wudhu yang ia lakukan batal, dia pun berhenti membuat buku tersebut, dan sesegera mungkin kembali berwudhu untuk kembali membuatnya.

Selain ukurannya yang terbilang raksasa, buku yasin tersebut juga memiliki keistimewaan dibanding buku yasin biasa. Dalam buku yasin itu juga dilengkapi terjemahan yang ditulis dengan aksara jawa, selain terjemahan berbahasa Indonesia.  "Saat ini buku itu saya simpan di rumah," imbuh kakek yang gemar memakai ikat kepala tersebut.

( Gayhul Dhika / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 13039
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13771
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13546
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15924
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 13113
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER