panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Februari 2011 | 15:47 wib
Garuda Tambah Jadwal Penerbangan Solo-Jakarta
.

Solo, CyberNews. Setelah cukup lama menunggu sejak direncanakan 2009 silam, akhirnya Garuda Indonesia memastikan realisasi penambahan jadwal penerbangan dari Solo-Jakarta PP (pergi pulang).

Dengan penambahan itu, maka jadwal penerbangan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo ke ibu kota yang sebelumnya tiga kali menjadi empat kali sehari. Yakni, pukul 07.50 WIB, 11.15 WIB, 14.50, dan 18.30 WIB. Menurut General Manager (GM) Garuda Indonesia Solo, Syamsuddin JS, rencananya jadwal penerbangan baru itu dimulai 16 April.

"Kita akan menggunakan pesawat Boeing 737-800 dengan kapasitas 162 kursi, 12 kursi kelas eksekutif dan 150 ekonomi," kata dia di sela-sela pembukaan biro perjalanan wisata Miki Tour, Rabu (23/2).

Pembukaan jadwal baru itu tampaknya cukup berani. Pasalnya, dalam penerbangan tahun sebelumnya, tiga pesawat sejenis yang dioperasikan nyaris tidak pernah penuh. Masing-masing load factornya hanya sekitar 73 persen. Namun Syamsuddin berdalih bahwa pembukaan jadwal baru penerbangan tidak harus menunggu penuhnya penumpang pesawat.

"{Intinya, kita membatu pemerintah kota dan masyarakat Solo yang membutuhkan pelayanan penerbangan ke Jakarta yang belakangan ini kebutuhannya terus meningkat. Cukup banyak agenda rutin yang bertaraf nasional dan internasional di Solo. Tidak mungkin kita melayani penerbangan insidental, karena itu kita menambah penerbangan reguler," paparnya.

Lelaki berkumis asal Jakarta itu optimistis bahwa penerbangan baru itu banyak peminatnya. Apalagi seluruh penerbangan Garuda dari Solo ke Jakarta berkoneksi dengan pesawat Garuda lainnya dengan tujuan ke berbagai daerah atau berbagai negara. Sehingga para penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke daerah atau negara lain tidak perlu terlalu lama menunggu di bandara.

"Sebagian penumpang dari Solo itu tidak hanya bertujuan ke Jakarta. Banayak yang ingin melanjutkan perjalanan ke Batam, Palembang, Medan, Padang, atau luar negeri. Dengan naik Garuda, para penumpang bisa langsung beralih ke pesawat yang dikehendaki," jelasnya.

Bagaimana dengan penerbangan ke Indonesia timur? Menurut dia, penerbangan ke Indonesia timur, seperti ke Papua, Makasar, Samarinda, dan Lombok memang cukup potensial. Hanya saja jumlahnya belum memadahi untuk diangkut, sehingga maskapai akan merugi jika memaksakan diri membuka jalur baru ke Timur. "Untuk membuka jalur ke timur perlu disurvai dulu, apakah menguntungkan atau tidak," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Syamsuddin juga berharap ada koneksitas antara transpotasi udara dengan transpotasi darat di  Bandara Adi Soemarmo. Sebab, menurut dia, transpotasi massal dari dan menuju bandara akan berpengaruh terhadap penerbangan. Seperti yang terjadi di berbagai bandara di Indonesia. Hingga saat ini transpotasi dari bandara di Solo hanya dilayani taksi.

( Langgeng Widodo / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga



Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
02 Agustus 2014 | 05:14 wib
Dibaca: 22
02 Agustus 2014 | 05:02 wib
Dibaca: 98
02 Agustus 2014 | 04:50 wib
Dibaca: 162
02 Agustus 2014 | 04:38 wib
Dibaca: 113
image
02 Agustus 2014 | 04:27 wib
Dibaca: 113
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
01 Agustus 2014 | 02:03 wib
01 Agustus 2014 | 01:19 wib
FOOTER