panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
15 Februari 2011 | 17:12 wib
Guru PAUD Lulusan SMP Belum Dipikirkan

Semarang, CyberNews. Nasib guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di daerah pedesaan yang berlatar belakang lulusan SMP belum banyak dipikirkan oleh pemerintah. Pasalnya, untuk menjadi guru PAUD itu tidak mudah, karena PAUD merupakan  pendidikan pondasi bagi anak.

Menurut pengamat dan praktisi PAUD, Yulianti Siantayani, banyak sekali ditemui guru PAUD di daerah seperti Demak atau di pesisir Pantura yang hanya berpendidikan SMP dengan gaji sekitar Rp 30 ribu sebulan. Padahal negara ini mempunyai keinginan untuk mengentaskan pendidikan dengan standarisasi, termasuk bagi guru PAUD.

Untuk menstandarisasi kompetensi yang dimiliki oleh guru PAUD tidak hanya sekedar dengan sertifikasi, karena solusi tersebut tidak menjamin mereka menjadi pendidik yang hebat. "Misalnya saja, seperti pengumpulan portofolio yang  diharapkan bisa melaksanakan pembelajaran secara optimal, ternyata dalam praktiknya tidak. Mestinya jika pemerintah ingin memberikan syarat standarisasi harus jelas, karena pengalaman selama ini banyak ijazah yang difiktifkan hanya untuk tujuan insentif," terang pemilik Sanggar dan Sekolah Bukit Aksara bagi anak usia dini ini.

Pendidikan di Indonesia memang sedang menuju ke arah sertifikasi, tapi proses tersebut juga dibutuhkan pengawalan dari awal hingga akhir agar pelaksanaannya tuntas. Maka dari itu, sertifikasi dengan pendidikan profesi guru (PPG) dapat dijadikan sebagai formula yang ideal yakni dua semester untuk enam bulan teori dan enam bulan praktik. Selain itu, juga harus melibatkan pihak terkait seperti lembaga mitra yang berkompeten dan perguruan tinggi.

( Anggun Puspita / CN14 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 April 2014 | 16:38 wib
Dibaca: 18
24 April 2014 | 16:26 wib
Dibaca: 19
24 April 2014 | 16:14 wib
Dibaca: 72
image
24 April 2014 | 16:02 wib
Dibaca: 290
24 April 2014 | 15:49 wib
Dibaca: 380
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER