panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Februari 2011 | 10:24 wib
Harus Sosialisasi Sejak Awal
Dana BOS Sekolah Swasta Bemum Cair

 

Purwokerto, CyberNews. Hingga saat ini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi sekolah swasta di Banyumas belum cair. Sebenarnya hal itu dapat diantisipasi bila Dinas Pendidikan setempat melakukan langkah persiapan.  Salah satunya dengan memberikan sosialisasi sejak awal tentang mekanisme penyalurannya.

Seperti diketahui Dinas Pendidikan beralasan, belum cairnya dana bantuan ini disebabkan masih ada beberapa sekolah yang salah dalam menyusun dokumen Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Padahal dokumen tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi sekolah sebelum pencairan.

''Seharusnya Dinas Pendidikan yang proaktif untuk memberikan penjelasan dan sosialisasi sejak awal.  Sehingga penyaluran dana BOS bagi sekolah tidak terlambat.  Apalagi tahun ini sistim penyalurannya berbeda dengan menyertakan naskah perjanjian hibah,'' kata Sekretaris Dewan Pendidikan Banyumas, Tri Joko Heranto, Sabtu (12/2).

Menurut dia, pemkab semestinya yang lebih banyak bergerak. Pasalnya yang bertugas dalam penyaluran dana ini pemerintah.  ''Dalam Undang-Undang juga telah ditegaskan, yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa adalah pemerintah.  Sehingga semestinya pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan yang lebih aktif,'' ungkap dia.

Selain itu, dia menilai, sebenarnya pemerintah tidak perlu mengubah model penyaluran dana BOS. Sebab model sebelumnya justru yang ideal. Hanya saja yang perlu dilakukan adalah upaya-upaya perbaikan.  Model penyaluran yang dilakukan dari kas negara ke kas daerah terlalu riskan.  Belum lagi kesiapan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang menangani dana tersebut.

''Dalam mengurusi masalah keuangan dibutuhkan orang-orang yang berkompeten di bidang itu. Kalau model penyaluran seperti yang sekarang, justru lebih rawan karena SDM belum siap,'' tandasnya.

Sementara Muntorichin SH MHum, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, mengatakan sebelum menyerahkan NPHD, sebenarnya dinas juga telah memberikan sosialisasi terkait penyusunan dokumen tersebut. Namun dalam praktiknya masih ada yang salah. Bahkan dinas juga sudah memberikan salinan file dokumen itu ke tia-tiap sekolah agar dijadikan acuan dalam menyusun NPHD.

Lebih lanjut, dia menambahkan, Mendagri juga mengeluarkan surat tentang percepatan penyaluran dana BOS. Surat tersebut sudah ditindaklanjuti dengan melakukan sejumlah langkah-langkah agar dana ini segera diterima masing-masing sekolah.

( Budi Setyawan / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 April 2014 | 10:09 wib
Dibaca: 21
24 April 2014 | 10:00 wib
Dibaca: 174
24 April 2014 | 09:51 wib
Dibaca: 162
24 April 2014 | 09:42 wib
Dibaca: 193
24 April 2014 | 09:33 wib
Dibaca: 179
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER