panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 Februari 2011 | 23:00 wib
Kapolres Temanggung Dicopot

Temanggung, CyberNews. Kapolres Temanggung AKBP Anthony Agustinus Koylal dicopot dari jabatannya dan diganti oleh AKBP Kukuh Khalis. Pergantian pejabat secara mendadak tersebut dilakukan Jumat (11/2) malam, dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) yang berlangsung secara tertutup di aula Polres Temanggung, sekaligus pelantikan Kapolres baru oleh Kapolda Irjen Edward Aritonang.

AKBP Kukuh Khalis, yang berasal dari Magelang itu, sebelumnya adalah Kapolres Rembang. Sementara AKBP Anthony Agustinus, oleh Kapolda telah diusulkan untuk suatu jabatan di Mabes Polri, namun demikian, sebelum keputusan penempatan itu keluar, yang bersangkutan akan menjadi perwira staf Polda Jateng di Semarang.

Kapolda, usai sertijab yang dihadiri Bupati Hasyim Afandi, Wabup Budiarto dan Kajari Agus Budi Santoso tersebut mengatakan, pergantian Kapolres ini dilakukan karena pihaknya memiliki target untuk secepatnya memulihkan situasi dan kemanan di Temanggung, pasca kerusuhan serta pengerusakan kantor pemerintah dan gereja, Selasa (8/2) lalu.

"Untuk itu, perlu darah segar dan Kapolres baru yang lebih muda, guna  mewujudkan program memulihkan situasi dan kemanan di Temanggung," tandasnya.

Kendati ketika terjadi kerusuhan dan pengerusakan di Temanggung aparat kepolisian tidak bisa mencegahnya, namun Kapolda menolak, jika penggantian Kapolres semalam, lantaran kegagalan Kapolres lama dalam memimpin pengamanan ketika peristiwa itu terjadi.

"Siapa yang gagal, kita kan bekerja. Tugas Kapolres ketika itu adalah mengamankan jalannya persidangan dan perangkat persidangan, dan sudah berhasil. Kalau kemudian ada dampaknya, itu memang benar. Hal tersebut yang kita sesalkan, dan akan dievaluasi terus," tuturnya.

Pemulihan Situasi dan Kondisi

Dia menandaskan, sekarang ini perlu percepatan untuk memulihkan situasi dan kondisi Kabupaten Temanggung pasca terjadinya kerusuhan. Karena itu, pihaknya memilihkan pengganti Kapolres lama, yang sangat paham Kabupaten Temanggung. Sebab, yang bersangkutan merupakan putra dari daerah sekitar kabupaten tersebut.

"Sertijab ini kami lakukan malam ini, karena untuk mempercepat dalam menggapai target-target pemulihan situasi dan keamanan tersebut. Ketika berangkat tadi, kami bersama Pak Dandim sudah kumpul dengan tokoh-tokoh masyarakat, jadi mulai malam ini upaya itu kami lakukan," ujarnya.

Sementara terkait sertijab yang dilakukan secara tertutup, dia mengungkapkan, bahwa hal tersebut semata-mata masalah teknis, yakni ruangan aula yang sangat sempit. Kendati banyak pihak yang telah menduga akan terjadi pergantian Kapolres menyusul peristiwa kerusuhan dan kerusakan di Temanggung, namun sertijab itu terkesan mendadak.

Pagi harinya pejabat Polda yang datang ke Polres Temanggung mulanya adalah Wakapolda Brigjen Slamet Rahardjo. Kapolda bersama dengan rombongan dan AKBP Kukuh Khalis, yang masih memakai seragam berlogo Polres Rembang itu, baru tiba di Polres sekitar jam 17.00.

Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Temanggung, sebuah ormas yang selama ini menuntut Kapolres dicopot, melalui sekretarisnya Taufan Sugiyanto menyatakan, pihaknya menyambut gembira adanya pergantian tersebut. Diharapkan, dengan pergantian ini akan menjadikan Kabupaten Temanggung dengan segala tipologi masyarakatnya menjadi lebih baik.

( Henry Sofyan / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35603
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36819
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37246
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41372
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36426
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER