panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Februari 2011 | 08:30 wib
Pembebasan Tol Batang-Pemalang Tak Jelas, Warga Resah

 

Batang, CyberNews. Warga di desa-desa yang tanahnya akan dibebaskan untuk pembangunan jalan tol Batang-Pemalang, resah. Pasalnya, sampai saat ini tidak ada kepastian proses pembebasan lahan di tanah mereka dari pemerintah.

''Warga di desa kami resah, sebab waktu pembebasan tanah tidak ada kejelasan. Kalau mau dilaksanakan harus tegas, jangan bertele-tele. Sebenarnya mau dimulai kapan,'' kata Kades Sawahjoho Sudarno, Warungasem, Rabu (9/1).

Sudarno menyatakan, ketidakpastian pembebasan tanah saat ini menyusahkan warganya. Sebab warga telah menyetujui tanah mereka dibebaskan demi kepentingan pembangunan jalan tol yang jadi program pemerintah.

Warga yang ingin memperbaiki rumah menjadi ragu, karena takut ketika sudah mengeluarkan ongkos perbaikan ternyata nanti justru dilakukan pembebasan. Di Sawahjoho, kata Sudarno, pembebasan tanah  akan dilakukan pada lahan sekitar 67,1 hektare. Terdiri dari sawah, 25 rumah, satu musholla serta kurang lebih 70 orang yang menghuni di dalamnya. 

''Disini masyarakat tidak menolak sebab pemerintah membutuhkan. Cuma kita perlu kejelasan, kasihan warga yang mau memperbaiki rumah jadi ragu-ragu. Honor panitia di desa juga baru satu kali dibayar,'' keluhnya.

Selain Sawahjoho, di Kecamatan Warungasem, pembebasan lahan  juga rencananya akan dilakukan di Desa Masin, Banjiran, Candiareng, dan Kalibeluk. Kades Masin, Taufiqin menyatakan saat ini warganya juga gelisah tentang ketidakpastian pembebasan lahan tol Batang-Pemalang. Di desa ini padahal ada sekitar 100 rumah yang telah didata untuk dibebaskan dengan luas sawah sekitar 5 hektare.

''Warga resah, sebab kadang-kadang ada berita akan dibebaskan. Kalau iya, kapan itu dilakukan. Kalau tidak jadi, ya tidak usah,'' katanya.

Fauzi Arief, anggota sekretariat panitia pengadaan tanah (P2T)  mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi dari tim pengadaan tanah (TPT) terkait pembebasan lahan untuk tol Batang-Pemalang. Pihaknya menunggu dari TPT untuk kelanjutan proses ini. Investor pembangunan tol Batang-Pemalang berbeda dengan investor tol Batang-Semarang. Jika Batang-Semarang oleh Grup Bakrie, untuk Batang-Pemalang digarap PT Pemalang Batang Tol Road.

Ia menegaskan, jika memang warga ingin memperbaiki rumah mereka saat ini, maka itu bisa dilakukan. Untuk perhitungan nantinya akan dilakukan oleh tim secara proporsional.

( Trisno Suhito / CN16 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 Agustus 2014 | 03:50 wib
Dibaca: 88
24 Agustus 2014 | 03:30 wib
Dibaca: 148
24 Agustus 2014 | 03:11 wib
Dibaca: 96
24 Agustus 2014 | 02:53 wib
Dibaca: 88
24 Agustus 2014 | 02:35 wib
Dibaca: 190
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
12 Agustus 2014 | 16:20 wib
14 Agustus 2014 | 15:50 wib
19 Agustus 2014 | 21:05 wib
15 Agustus 2014 | 15:18 wib
FOOTER