panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Februari 2011 | 13:33 wib
UNS Syaratkan Nilai Minimal untuk Jalur Undangan


Solo, CyberNews. Tidak hanya menambahkan syarat khusus, yaitu hanya jurusan serumpun untuk pendaftar SNMPTN jalur undangan nasional, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga mensyaratkan nilai minimal.

‘’Kami menetapkan nilai rapor minimal 7,5 tanpa ada satupun nilai 5,0 pada rapor siswa, bagi mereka yang akan didaftarkan jalur undangan nasional,’’ kata Ketua Panitia Lokal SNMPTN Solo, Prof Dr Ravik Karsidi MS, Rabu (2/2).

Dia menjelaskan, sesuai ketentuan Kemendiknas, memang diperbolehkan setiap perguruan tinggi negeri (PTN) menambahkan syarat tertentu. Termasuk menetapkan nilai minimal dan juga syarat hanya jurusan serumpun, IPA memilih prodi IPA dan IPS memilih prodi IPS.

Menurutnya, syarat itu tidak mengada-ada karena diharapkan dari jalur tanpa tes ini pihaknya tetap akan berupaya menjaring calon mahasiswa dengan tingkat kualitas yang tinggi. "Jadi sama dengan jalur PMDK dulu, tujuan utamanya tetap menggaet siswa yang memang memiliki kepandaian di atas rata-rata di kelas. Ini tentu juga penghargaan bagi mereka," papar dia.

Namun aturan tersebut tidak berlaku untuk seluruh prodi. Maksudnya, ada beberapa prodi seperti Pendidikan Guru SD (PGSD), Pendidikan Kepelatihan Olahraga, serta Pendidikan Jasmani dan Rekreasi boleh dipilih dari siswa SMA IPA dan IPS.

"Khusus tiga prodi itu, nilai rata-rata rapor boleh 7,0. Namun harus memiliki nilai rapor minimal 7,0 pada pelajaran olahraga bagi yang ingin mendaftar pada prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, serta Pendidikan Jasmani dan Rekreasi."

Nilai yang sama juga diberlakukan untuk mata pelajaran seni rupa bagi siswa yang ingin mendaftar pada prodi Pendidikan Seni Rupa. Rata-rata rapor boleh 7,0 dengan tanpa nilai 5,0 di seluruh mata pelajaran, serta nilai seni rupa atau menggambar harus 7,0.

Selain tiga prodi itu, ada lagi syarat khusus bagi siswa yang ingin mandaftar pada prodi Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Nilai mata pelajaran matematika tidak boleh kurang dari atau sama dengan 5,0 dan nilai rata-rata rapor keseluruhan tetap harus minimal 7,5.

Ravik mengingatkan, penetapan diterima atau tidaknya siswa yang mendaftar jalur undangan nasional itu, akan diputuskan Kemendiknas, dalam rapat koordinasi yang diikuti seluruh PTN se Indonesia.

( Joko Dwi Hastanto / CN16 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35645
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36856
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37287
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41421
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36469
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER