panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 Januari 2011 | 10:16 wib
Pembayaran Raskin di Muka Dinilai Tidak Pro Rakyat

Rembang, CyberNews. Paguyuban Kepala Desa dan Kepala Kelurahan Kecamatan Rembang Kota (Pakkar) menilai wacana pembayaran di muka beras untuk warga miskin (raskin) bukanlah kebijakan pro rakyat. Pakkar menuding, wacana pembayaran raskin di muka mulai bulan Februari yang digelontorkan Pemkab dan Satuan Kerja (Satker) Raskin Rembang, justru merupakan kebijakan pro oknum.

Ketua Pakkar Kasri menerangkan, raskin dibagikan Pemerintah Pusat untuk membantu gakin. "Tujuan Pemerintah Pusat mengelontorkan raskin adalah untuk menjamin kebutuhan makanan pokoknya dan bukan untuk menarik uang terlebih dahulu dari gakin," kata dia.

Sementara, Wakil Ketua Pakkar Isa Anshori mengatakan wacana pembayaran raskin di muka itu diduga karena adanya keterlambatan pembayaran raskin di sebagian desa. Hal itu menyebabkan, Satker kemudian dikejar-kejar pimpinannya untuk segera melunasi keterlambatan pembayaran raskin.

"Karena tidak mau repot, akhirnya Satker menerapkan pembayaran di muka pada semua desa dan bukannya pada desa yang terlambat saja. Jelas kebijakan seperti ini hanya kebijakan pro oknum dan bukan kebijakan pro rakyat yang menjadi tujuan utama pemerintah," tegas dia.

Dia menerangkan keterlambatan pembayaran raskin juga tidak bisa dijadikan alasan untuk menerapkan pembayaran raskin di muka mulai Februari ini. "Untuk diketahui Pemkab dan Satker, di desa ada masyarakat yang benar-benar tidak bisa menebus raskin sehingga terlambat pelunasan. Banyak kades yang terpaksa mengutangi dulu pembayaran raskin," tegas Kades Tlogomojo ini

Rochani, Sekretaris Pakkar menegaskan pihaknya menolak keras pembayaran raskin di depan. Kalau Pemkab ataupun Satker masih bersikeras memberlakukan pembayaran di depan, Pakkar akan menolak tegas.

"Selain tidak mau menyalurkan raskin ataupun membantu mengumpulkan uang raskin, kami juga akan meminta warga untuk menebus raskin langsung ke Gudang Dolog Rembang. Kami tidak mau berurusan dengan raskin apabila Pemkab dan Satker bersikeras meminta pembayaran di depan," tandasnya.

( Mulyanto Ari Wibowo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
03 September 2014 | 11:36 wib
Dibaca: 22
03 September 2014 | 11:27 wib
Dibaca: 125
image
03 September 2014 | 11:18 wib
Dibaca: 174
03 September 2014 | 11:09 wib
Dibaca: 145
03 September 2014 | 11:00 wib
Dibaca: 212
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER