panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Januari 2011 | 13:27 wib
Penanganan Hama Belum Berkelanjutan

Kudus, CyberNews. Penanganan dan penanggulangan hama khususnya untuk tanaman padi di Kota Kretek dinilai masih parsial dan belum berkelanjutan. Pihak terkait dan petani terkadang baru bergerak bila sudah ada serangan salah satu pengganggu tanaman. Bila sudah seperti itu, terkadang serangan hama sudah sangat besar dan meluas, serta dalam beberapa kasus lahan yang ada tidak dapat diselamatkan lagi.

Penilaian tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kudus, Hadi Sucahyono, Minggu (9/1). Ditambahkannya, seandainya diantisipasi sejak awal, dimungkinkan potensi kerusakan dapat dikurangi. "Yang kami amati selama ini memang seperti itu," katanya.

Dincontohkannya, saat terjadi serangan tikus banyak pihak yang baru memulai penanggulangan hama tersebut. Padahal, bila sejak awal tanam disiapkan antisipasi ke arah tersebut, tentunya petani akan lebih siap. "Seringkali bila terjadi serangan wereng atau tikus, pihak tertentu baru bergerak," paparnya.

Tindakan seperti itu tidak hanya dilakukan oleh dinas terkait saja, tetapi juga oleh petani. Diakuinya, berbagai kegiatan penanggulangan dan antisipasi bencana dari satuan kerja terkait memang sudah dilakukan. Hanya saja, berdasarkan pengamatannya sejauh ini masih belum berkelanjutan dan optimal. "Misalnya, penyelenggaraan sekolah lapangan hanya dilakukan pada musim tanam I saja, padahal musim tanam II juga membutuhkan hal seperti itu," jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya mengusulkan agar dibuat satu kebijakan untuk penanggulangan hama secara berkelanjutan. Teknisnya, mungkin dapat diawali dengan kebijakan penyediaan dana untuk kegiatan tersebut. Selanjutnya, sebagian dari dana tersebut digunakan untuk operasional penyuluh pertanian agar dapat berkantor di desa.

( Anton WH / CN14 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12128
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12836
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12626
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14930
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12209
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER