panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 November 2010 | 23:06 wib
Kerajinan Tangan Nan Unik dari Barang Limbah

Tegal, CyberNews. Berbagai macam barang limbah seperti kertas, daun kering dan pecahan kaca yang banyak berserakan disekitar lingkungan kita, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk kerajinan tangan yang unik, artistik serta bisa dijadikan mata pencaharian utama.

Hal itu antara lain dilakukan Johan Prasetio (31) warga Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Menurut lelaki berputra satu itu, berkat keterampilan dan ketekunan yang dimilikinya, ia kini dikenal sebagai salah satu perajin souvenir handal di Kota Bahari dan sekitarnya.

Johan mampu membuat barang-barang yang memiliki nilai seni tinggi dan laku dijual di pasaran dengan bahan baku dari barang-barang bekas. Antara lain, rak buku, pembatas ruang, pernak-pernik hiasan dinding, undangan pengantin dan album foto terbuat dari kardus yang dilapisi daun yang dikeringkan.

Di tempat tinggalnya yang sekaligus difungsikan sebagai toko souvenirnya "Joe Art" di sebelah selatan GOR Wisanggeni Kota Tegal, berbagai macam souvenir karyanya di pajang untuk ditawarkan. Johan mengawali karier sebagai perajin souvenir sejak tahun 1999.

Alumnus Universitas Pancasakti (UPS) Tegal itu mengaku mendapatkan ide membuat kerajinan tangan dari buku dan hasil pengamatannya ketika jalan-jalan serta mengikuti pameran-pameran di sejumlah kota.

Pada awal menggeluti pekerjaan itu, hanya bermodal Rp 70.000. Namun, seiring berjalannya waktu dan kegigihan serta  keuletannya, usaha yang dirintis terus berkembang dan akhirnya mampu memperoleh omzet rata-rata mencapai puluhan juta setiap bulan.

Bahkan, usahanya kini tidak hanya di kenal di dalam negeri saja tapi hingga ke luar negeri seperti Malaysia. Selain, memanfaatkan daun yang dipetik dari lingkungan sekitar rumahnya untuk menghasilkan souvenir yang unik, juga membuat souvenir dari kaca. Bahkan, terkadang ia juga menggunakan rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak.

Johan menjalani usahanya dibantu lima karyawan. Namun, apabila pesanan terlalu banyak, dia sering meminta tolong tetangga maupun teman untuk membantunya. Berkat kerja kerasnya kini telah bisa hidup mandiri dan mampu membangun rumah serta membeli mobil dari hasil kreatifitasnya dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

( Wawan Hudiyanto / CN13 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12029
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12737
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12532
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14824
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12117
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER