panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 September 2010 | 14:48 wib
Soal Tes Perangkat Desa Diduga Bocor

Magelang, CyberNews. Keberhasilan sejumlah peserta Tes Penerimaan Perangkat Desa di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang meraih nilai sempurna 100 menimbulkan kecurigaan sejumlah pihak bahwa soal tes tersebut bocor.

"Soal tes termasuk sulit sehingga ketika ada empat peserta (bukan tiga seperti tertulis kemarin, red) meraih nilai sempurna, banyak orang menjadi curiga," kata Wakil Ketua Panitia Penerimaan Perangkat Desa Donorojo, Kecamatan Tegalrejo, Daryono.

Seperti diketahui, Senin (20/9), digelar tes Penerimaan Perangkat Desa di Kecamatan Tegalrejo untuk mengisi 103 jabatan perangkat desa yang kosong. Dari tes ini ada empat peserta yang memperoleh nilai sempurna 100 yakni Desa Tegalrejo, Donorojo, Kebonagung dan Ngadirejo.

Menurut Daryono di Donorojo jabatan yang kosong adalah Kaur Keuangan, Kasi Pemerintahan dan Kasi Kesra. Peserta yang mendapat nilai 100 atas nama Zaenuri. Ia terpilih untuk menduduki posisi Kasi Kesra. Sementara untuk tes Kasi Pemerintahan ada dua peserta yang mendapat nilai 98 dan 96.

Sedang untuk Kaur Keuangan peserta yang akhirnya lolos mendapat nilai 88. "Sebelum pelantikan masalah ini harus tuntas lebih dulu agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," kata dia.

Daryono mengaku Panitia Penerimaan Perangkat Desa sudah bekerja keras untuk menggelar tes yang independen dan adil. Namun dia terkejut ketika mengetahui penggandaan soal tes terkesan kurang hati-hati. Pasalnya, soal tes hanya digandakan di tempat fotocopi-an.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Tegalrejo, Bagus Setiawan, mengatakan soal tes tersebut dibuat oleh tim yang terdiri lima orang. Setelah selesai dibuat, soal tes kemudian diberikan kepadanya untuk digandakan pada Jumat (17/9).

Pada Sabtu pagi, Bagus membawa soal tes tersebut ke Toko Fotocopi di Sawitan untuk digandakan. "Soal tes saya tinggal di fotokopian dan saya ambil Minggu pagi. Pada Minggu siang saya bersama tim kemudian memasukkan soal ke dalam amplop yang disegel. Soal tes dibagikan Senin pagi," jelas Bagus.

Pemilihan Toko Fotocopi di Sawitan ini atas pertimbangan lokasi tersebut jauh dari Tegalrejo sehingga kemungkinan bocor sangat kecil. Karena itu, Bagus membantah ada kebocoran soal tes.

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak bodoh dan tahu resiko jika sampai soal tes bocor. Ia pun berani menjamin selama di tangannya soal tes tidak bocor. "Bisa saja mereka (yang dapat nilai 100, red) beruntung. Mereka kan bisa pakai ilmu hitung kancing kayak anak sekolah," ujar dia.

Menurut salah seorang peserta dari Desa Purwodadi kemungkinan ini sangat kecil. Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) salah satu perguruan tinggi terkenal itu mengaku soal tes memiliki tingkat kesulitan tinggi.

"Tidak mungkin kalau hanya beruntung. Kalau beruntung masak yang dapat nilai 100 ada empat orang. Apalagi saya dengar kalau yang dapat nilai 100 lulusan MTs. Terus terang saya saja yang lulusan S1 kesulitan," tandas peserta perempuan yang enggan namanya disebutkan.

Beberapa soal tes yang menjadi kartu mati bagi peserta Tes Penerimaan Perangkat Desa adalah tentang luas wilayah Pulau Bangka Belitung, perjanjian Salatiga tahun 1757, tanggal berdirinya Yogyakarta dan pengertian motto TNI AD ‘Kartika Eka Paksi.’ Soal-soal ini menyangkut detail waktu, tempat dan isi sebuah perjanjian sehingga tidak banyak peserta yang mampu menjawab dengan sempurna.

( MH Habib Shaleh / CN13 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
18 April 2014 | 15:47 wib
Dibaca: 45
image
18 April 2014 | 15:33 wib
Dibaca: 198
18 April 2014 | 15:18 wib
Dibaca: 241
18 April 2014 | 15:04 wib
Dibaca: 280
18 April 2014 | 14:50 wib
Dibaca: 286
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
FOOTER