panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Agustus 2010 | 20:04 wib
Harga Sapi Turun, Pedagang "Terseruduk"

Grobogan, CyberNews. Penurunan harga sapi dikeluhkan pedagang di Pasar Sapi Kliwon Wirosari. Penurunan harga yang mereka tengarai disebabkan karena munculnya sapi impor, berimbas pada penjualan selama dua bulan terakhir.

"Dulu saya setiap hari pasaran (Kliwon), minimal 20 ekor sapi bisa terjual. Namun hampir sepuluh hari pasaran kali ini menjual 10 ekor sapi saja sulitnya minta ampun," kata Warno (45) salah seorang pedagang sapi dari Desa Karangrejo, Kecamatan Gabus, Kamis (19/8).

Ditambahkan, sapi jenis lokal (putih) berusia sekitar satu tahun yang dulu seharga Rp 5,5 – 6 juta, saat ini hanya dikisaran Rp 4 juta. Begitu pula untuk jenis sapi unggulan seperti Simmental usia satu tahun sekitar Rp 5 juta, padahal empat bulan lalu mencapai harga Rp 7 – 7,5 juta.

Hal senada diungkapkan Bagong (42), pedagang sapi lainnya. Dia menyayangkan harga sapi yang terus merosot, padahal harga daging sapi cenderung naik. "Dulu langganan saya berasal dari Jakarta, Cirebon, dan kota-kota sekitarnya. Sekarang mereka jarang ke Pasar Kliwon. Padahal bisa dikatakan, merekalah pembeli tetap sapi kita dengan jumlah besar," imbuhnya.
 
Sementara itu menurut salah satu petugas pengawas Pasar Kliwon, Subandi, jumlah pedagang yang menjual sapi di Pasar Kliwon juga menurun. Bahkan dirinya mendengar kabar beberapa pedagang banting stir merantau ke Sumatra dan Kalimantan.

Terpisah, menurut Kasi Pembibitan pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ir Hadi Susianto, sapi unggulan seperti jenis Symmental dan Limousin lebih diminati daripada jenis lokal (putih). Ukuran badan yang besar dan terlihat kokoh menjadi daya tarik tersendiri di kalangan peternak maupun pedagang. Bahkan, jika dipelihara dengan benar dan sehat, sapi jenis ini bisa mencapai berat lebih dari satu ton.

( Dheky Kenedi / CN16 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
23 Juli 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 91
23 Juli 2014 | 22:35 wib
Dibaca: 145
23 Juli 2014 | 22:25 wib
Antisipasi Kebakaran Saat Lebaran
Puluhan Personel Pemadam Disiagakan 24 Jam
Dibaca: 94
23 Juli 2014 | 22:15 wib
Dibaca: 73
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER