panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Juli 2010 | 20:45 wib
503 Koperasi di Solo Belum Kantongi Ijin Simpan Pinjam


Solo, CyberNews.
Sebanyak 503 koperasi yang ada di Kota Solo belum memiliki ijin operasional simpan pinjam, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (Permen) No 19 tahun 2008 tentang pedoman pelaksanaan usaha simpan pinjam oleh koperasi.

Dari total 541 koperasi di Kota Solo, baru 38 koperasi yang sudah mengantongi ijin simpan pinjam sesuai permen tersebut.

"Ya. Jumlah koperasi yang sudah memiliki ijin simpan pinjam memang masih sedikit. Jumlahnya baru 38. Sampai saat ini, kami masih dalam tahap sosialisasi," Kata Kasi Pengawasan dan Pembinaan Koperasi Dinkop & UKM Kota Surakarta, Sumarno, saat dijumpai Suara Merdeka di ruang kerjanya, Jumat (23/7).

Menurut dia, masih minimnya jumlah koperasi yang sudah mengatongi ijin tersebut bukan lantaran ratusan koperasi itu melanggar aturan. Melainkan karena Permen tersebut baru dikeluarkan pada tahun 2008 lalu. Di samping itu, sosialisasi yang dilakukan pihaknya pun baru dimulai pada awal 2010.

"Jadi, mereka tidak salah. Sebelum adanya Permen itu pun, mereka boleh melakukan kegiatan simpan pinjam jika mereka sudah berbadan hukum. Cuma, karena sekarang sudah ada Permen, maka semua koperasi di Solo ini harus mengikuti aturannya. Kami juga akan terus berupaya untuk mensosialisasikan Permen ini (Permen No 19 tahun 2008-red)," jelasnya.

"Namun, apabila sampai batas waktu tiga bulan setelah sosialisasi dilakukan masih ada koperasi yang belum mengurus izin simpan pinjam, kami tentu akan memberikan surat peringatan pada koperasi tersebut," tambah Sumarno.

Bahkan, lanjutnya, Dinkop UKM Kota Surakarta akan mengambil tindakan tegas dengan menurunkan satu tingkat kriteria kesehatan koperasi, jika masih ditemukan koperasi yang belum mengajukan ijin meski telah diberikan surat peringatan sampai tiga kali.

"Kami bukannya ingin mempersulit mereka, tapi ini untuk kebaikan mereka sendiri. Malah, kami siap membantu mereka untuk memproses ijin tersebut," ucapnya.

Adapun syarat-syarat yang diperlukan dalam mengajukan izin prinsip operasional simpan pinjam, antara lain fotocopy anggaran dasar, laporan pertanggungjawaban pengurus tahun terakhir, neraca akhir, buku daftar pengurus, dan surat pernyataan dari pengurus tentang modal tetap yang dimiliki.

( Muhammad Nurhafid / CN13 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 26274
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 27966
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 27678
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 31180
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 26908
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER