panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Maret 2010 | 17:20 wib
Bisa Mengancam Kaki Jembatan Liwung
Groundsill Sungai Bogowonto Jebol Lagi
image

Purworejo, CyberNews. Groundsill sungai Bogowonto yang ada di bawah hilir jembatan Liwung di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Purworejo kembali jebol. Padahal, groundsill itu baru saja diperbaiki pertengahan Januari lalu setelah sebelumnya di akhir tahun 2009 ambrol dan menggerus tebing sungai.

Dari pengamatan Suara Merdeka CyberNews, Rabu (24/3), groundsill sepanjang 66 meter itu jebol lagi di titik jebol pertama di sebelah timur yang berdekatan dengan area pasar Tambakrejo. Akibatnya, tekanan air yang deras terpusat di titik jebolan tersebut.

Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Purworejo Ir Susanto SpI yang dimintai konfirmasi di kantornya mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi. "Kemarin kami sudah mengecek langsung ke lokasi begitu mendapat laporan. Segera mungkin kerusakan itu akan kami laporkan ke Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO)," katanya.

Dari pengecekan petugas Dinas Pengairan, groundsill yang jebol itu panjangnya sekitar delapan meter dengan ketinggian 1,5 meter. Tinggi keseluruhan groundsillnya 2 meter. Dilaporkan groundsill jebol setelah terjadi banjir di sungai Bogowonto hingga meluap ke area bantaran sungai pada 22 Maret lalu.

Kabid Sumber Daya Air H Pawit Slamet Riyadi menambahkan, jika kerusakan itu dibiarkan dalam waktu yang lama maka bisa mengancam kaki jembatan buh liwung. "Kalau dibiarkan kaki jembatan bisa juga tergerus. Karena kosentrasi aliran air di titik yang jebol itu," katanya.

Apabila sampai mengancam konstruksi jembatan, maka sangat membahayakan. Pasalnya, jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Kaligesing dan ibukota Kecamatan Purworejo dengan wilayah perkotaan.

( Nur Kholiq / CN14 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 April 2014 | 00:24 wib
Dibaca: 203
image
25 April 2014 | 00:10 wib
Dibaca: 237
24 April 2014 | 23:57 wib
Dibaca: 226
24 April 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 256
24 April 2014 | 23:35 wib
Dibaca: 383
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER