panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Februari 2010 | 22:19 wib
SKB Enam Menteri untuk Anak Bermasalah Hukum


Semarang, CyberNews. Pemerintah sedang menyiapkan prosedur operasional standar pemulihan berkeadilan bagi anak yang berhadapan dengan kasus hukum. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Linda Ameliasari Gumelar mengatakan sekarang ini sudah ada kesepakatan yang dituangkan dari surat keputusan bersama (SKB) oleh tiga kementerian (Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Sosial dan kementerian P3A) ditambah dari Kepolisian, Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung.

"Terus terang kami (pemerintah) miris mendapati laporan anak bermasalah dengan hukum. Dari SKB kementerian ini ada upaya pemulihan berkeadilan bagi anak bermasalah hukum," kata dia usai memberikan arahan dalam rakor soal perempuan dan anak di kantor Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), Selasa (23/2).

Dipaparkannya, permasalahan anak yang berhadapan dengan hukum ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar penanganan yang dilakukan oleh para penegak hukum tepat. Pemerintah perlu bersikap mengingat dalam beberapa tahun ini jumlah kasus relatif tinggi. Paling banyak terdapat di Sumut, DKI jakarta, Jabat, Jatim, termasuk Jateng sendiri.

Baginya, penegakan hukum untuk anak harus mempertimbangkan kelangsungan ke depan dari yang bersangkutan. Usia sangatlah mempengaruhi dari penyelesaian hukum sepanjang anak masih dalam berpendidikan sampai jenjang menengah. "Harus disesuaikan dengan usianya, karena sangat berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Kita lihat masih memakai seragam merah-putih harus berurusan dengan hukum. Apa memang harus begitu (duduk di kursi pesakitan)," katanya.

( Dicky Priyanto / CN14 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 April 2014 | 16:42 wib
Terkait Peninggian Pantura Timur
Terminal Induk Jati Terancam "Tenggelam"
Dibaca: 2
25 April 2014 | 16:28 wib
Dibaca: 177
25 April 2014 | 16:14 wib
Dibaca: 206
25 April 2014 | 15:46 wib
Dibaca: 258
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER