panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Agustus 2009 | 22:22 wib
Kiai Kanjeng dan Cak Nun Tampil Komunikatif
image

Yogyakarta, CyberNews. Ribuan umat muslim yang menghadiri pengajian di lapangan Tamanan, Bantul, kemarin malam betul-betul mendapatkan sesuatu yang berharga yang sebelumnya sama sekali belum mereka peroleh.

Karena pengajian menyambut datangnya bulan suci ramadhan itu, menghadirkan Kiai Kanjeng dan Emha Ainun Nadjib beserta Novia Kolopaking serta ulama dari luar negeri. Yang datang dari Singapura, Malaysia, Inggris, Belanda dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam pengajian tersebut, ulama dari luar negeri mengaku kagum dan bangga. Sebab, musik yang dimainkan Kiai Kanjeng dan Emha Ainun Nadjib serta Novia Kolopaking, betul-betul menyayat hati dan tepat sebagai media komonikai dakwah.

Karena musik memang bisa menyentuh hati yang paling dalam, sehingga tepat bila Cak Nun, panggilan akrab Emha Ainun Nadjib dalam dakwahnya menggunakan muik. Kebetulan musik yang dimainkan Kiai Kanejng, selain santun memang bagus dan cantik serta enak di telinga.

Pengajian akbar yang digelar pemuda-pemudi Muhammadiyah Tamanan, Bantul itu, dihadiri ribuan umat musim yang ada di kawasan itu. Mereka sejak pukul 19.00 hingga pukul 01.30 WIB tak bergeming dari tempat duduknya. Mereka (umat muslim) baik tua maupun muda duduk rapi, sembari mendengarkan dakwah yang disampaikan oleh suami artis kondang Novia Kolopaking. Walau kadang-kadang diselengi dengan hiburan musik.

Dalam dakwahnya, Cak Nun menyampaikannya dengan bahasa gaul sehingga pengajian itu terkesan sangat familier. Bahkan, tidak jarang umat diajak bercanda sehingga pengajian itu sangat komunikatif.

Rasa senang umat muslim itu pada puncaknya, setelah mereka diajak bersama-sama menyanyi dengan diirngi musik Kiai Kanjeng. ''Nhaa nada segitu yaa...?! Nanti setelah saya selesai, baru kalian ikuti bersama-sama,'' ajak Cak Nun.

Melihat kekompakan umat dan Kiai Kanjeng serta Emha Ainun Nadjib ini, membuat para ulama dari luar negeri yang dipimpin H Ali Nashier dari Singapura ini makin kagum dengan kekompakan yang mereka sajikan.

''Kalau hidup ini bisa selaras dan kompak seperti ini, betapa bahagianya dan indahnya hidup ini,'' kata Ali Nashier kepada Cak Nun yang sama-sama berdiri di atas panggung. ''Dengan musik dakwah ini, memang menjadi indah,'' tambahnya.

Para ulama dari luar negeri ini, makin kagum ketika Kiai Kanjeng dan Cak Nun melantunkan sebuah tembang muslim dengan aransemen yang diambil dari lagu kristiani yang berjudul Malam Kudus.

Saat tembang ini berkumandang, umat Muslim langsung tepuk tangan bersama. Bahkan, diantara mereka ada yang sempat geleng-geleng kepala sambil berucap. ''Wah bagus juga yaa,'' kata Zulkifli kepada salah seorang temannya yang duduk bersebelahan dengannya.
 
Sebaliknya, para ulama justru saling memandang tanda heran dan kagum dengan kepiawaian Cak Nun dalam meramu musik menjadi sebuah media dakwah. ''Good, good....beatiful,'' kata ulama yang berasal dari Inggris.

Yang menarik dari pengajian ini, para ulama dari luar negeri tidak hanya menyaksikan pengajian saja, tetapi juga melakukan dialog dan tanya jawab dengan umat muslim yang hadir dalam acara itu sehingga menambah acara makin padat dan berisi.

Dari dialog yang dipandu Cak Nun ini, menunjukkan bahwa umat muslim memang tidak suka kekerasan. Namun persoalannya sekarang ini, umat muslim mudah diadu domba dan sering menjadi korban dari ulah orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Pengajian dengan menampilkan musik Kiai Kanjeng dan Emha Ainun Nadjib serta Novia Kolopaking, menjadi penyejuk umat muslim sebelum memasuki bulan suci ramadhan yang sebentar lagi tiba.

( Sugiarto / CN08 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 24053
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 25696
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 25369
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 28692
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 24665
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER