panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
20 Maret 2014 | 18:31 wib
Sulap Mobil Mainan Jadi Mirip Mobil Aslinya
image

Siang itu, Gery Sulistyo (30) nampak asik mengutak-atik sebuah mobil miniatur yang merupakan salah satu koleksinya. Mobil sedan minatur berseri Lancer Evo buatan Hot Wheels itu dilihatnya secara detail. Mulai dari bodi, cat, ban, dan semua rangkaiannya.

"Mobil diecast ini akan saya rubah menjadi sebuah mobil yang dipakai Polisi Indonesia untuk memantau jalan, alias patroli jalan raya (PJR)," ungkap pria yang tinggal di Jl Pancakarya blok 52 no.333, Semarang itu, Kamis (20/3).

Lalu setelah diamati dan diukur pakai penggaris, Gery mulai membuat decal atau stiker lewat komputer. Setelah diatur sedemikan rupa, lalu diprint menggunakan kertas stiker khusus. Kemudian dia beralih ke body mobil, dan mulai menghilangkan cat menggunakan cairan, cat removal.

"cairan ini bisa didapat di toko-toko bangunan, setelah dituang dioles-oles pakai kuas hingga cat aslinya mengelupas, dan dicuci pakai air, lalu dicat semprot putih," kata Gery yang juga bergabung di komunitas SToC.

Setelah selesai, mulai ditempel decal yang sudah diprint. Dia mengatakan, karena ukurannya kecil, proses penempelan decal ini harus teliti, dan konsentrasi. Mulai body samping, depan, dan belakang.

"Setelah rapi, kemudian difinishing dengan menyemprotkan cat clear, kemudian dirangkai kembali, dan jadilah hot wheels custom," ujarnya sambil menunjukan hasil buatannya.

Gery yang juga kolektor hot wheels itu mengatakan, awalnya mempunyai ide memodifikasi koleksinya ini dari kebosanan saat berburu barang koleksinya. Kemudian dia dapat ide karena sering mengamati beberapa kendaraan nyata.

Kemudian hasil karyanya itu dia bawa saat kumpul komunitas dan dipajang di akun jejaring sosialnya, facebook. "Nah, dari situlah banyak kolektor ingin dimodifikasi koleksinya, layaknya kendaraan nyata," katanya.

Selain mobil polisi, dia juga pernah membuat mobil-mobil jenis lainnya, seperti off road, retro, lowrider, pick up, dan mobil transportasi lainnya. "Sekali custom biayanya antara Rp 100 - Rp 200 ribu, itu tergantung tingkat kesulitannya," ungkap Gery yang rela meninggalkan pekerjaannya dan lebih fokus dunia cutom miniatur mobil.

(Apit Yulianto/CN34)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
02 September 2014 | 22:01 wib
Dibaca: 57214
image
19 Agustus 2014 | 23:16 wib
Dibaca: 56662
image
26 Juni 2014 | 18:56 wib
Dibaca: 69801
image
02 Juni 2014 | 20:50 wib
Dibaca: 61081
image
18 Mei 2014 | 03:42 wib
Dibaca: 76520
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER