panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Juli 2013 | 23:51 wib
Fitnes Yes Puasa Jalan Terus
image

BULAN PUASA kebanyakan orang langsung menghindari kegiatan yang menguras tenaga, memang selama Ramadan asupan makan dan minum menjadi terbatas namun itu bukan halangan untuk tetap melakukan olahraga.

Olaraga saat berpuasa harus paham aturan dan strategi. Karena Selama bulan puasa, secara alami mengurangi asupan nutrisi tubuh. Efeknya, tubuh akan menggunakan lemak yang tersimpan sebagai sumber energi karena kurangnya ketersediaan karbohidrat dan protein.

Tubuh juga akan beresiko mengalami dehidrasi karena kurangnya cairan tubuh. Secara alami, kondisi-kondisi ini tidak mendukung untuk latihan fisik, namun di sisi lain dapat membantu dalam latihan pembakaran lemak. Karena itu, sangat penting untuk menyusun strategi nutrisi apabila Anda bertujuan untuk mempertahankan otot-otot serta membakar lemak selama bulan puasa.

Yang perlu dirubah adalah carafikir/mindset, volume latihan dan intensitasnya perlu dikurangi, namun gunakan kesempatan ini untuk menantang kekuatan tubuh agar tetap mempertahankan kondisi otot.

Penelitian membuktikan bahwa komposisi otot tubuh tidak akan menurun dengan latihan teratur dan strategi nutrisi serta istirahat yang tepat, sehingga jangan berpikir bulan puasa akan menyusutkan otot.

Selain itu, bulan puasa juga merupakan kesempatan emas bagi yang ingin membakar lemak berlebih yang selama ini menutupi sixpack. Studi menunjukkan bahwa pada saat bulan puasa, terjadi pembakaran lemak tubuh lebih cepat. Hal ini dapat dikarenakan absennya karbohidrat yang biasa diperoleh dari menu makan sehari-hari yang tidak terpenuhi saat puasa sehingga memicu penggunaan simpanan lemak tubuh sebagai sumber energi.

Kunci latihan di bulan puasa adalah waktu latihan. Lakukan latihan pada malam hari. Secara fisiologis, latihan saat siang atau sore hari selama puasa tidak akan menghasilkan latihan yang optimal, karena tubuh tidak menerima asupan gizi. Peluang dehidrasi akan sangat tinggi, karena latihan di siang hari di saat suhu tinggi akan meningkatkan produksi keringat yang membawa keluar cairan tubuh.

Kurangnya nutrisi saat siang juga akan menyebabkan kecukupan kadar glikogen otot tidak terpenuhi, sehingga latihan tidak akan maksimal karena kurangnya energi untuk aktivitas otot. Oleh karena itulah, lakukan latihan beban setelah berbuka di malam hari.

(C1P1/CN34)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
02 September 2014 | 22:01 wib
Dibaca: 56394
image
19 Agustus 2014 | 23:16 wib
Dibaca: 55876
image
26 Juni 2014 | 18:56 wib
Dibaca: 68983
image
02 Juni 2014 | 20:50 wib
Dibaca: 60334
image
18 Mei 2014 | 03:42 wib
Dibaca: 75136
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER