panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 November 2012 | 20:38 wib
Lego Mainan Anak-anak yang Disukai Orang Dewasa
image

KOLEKTOR LEGO: Basha dan beberapa lego kesayangannya. (suaramerdeka.com/ Apit Yulianto)

BRICK, atau yang lebih dikenal dengan Lego, merupakan semacam mainan balok warna-warni yang disusun hingga menyerupai suatu bentuk. Mainan yang sudah terkenal ber-tahun-tahun itu banyak digemari oleh anak-anak, bahkan orang dewasa. Sebab dengan menyusun balok-balok dari bahan plastik itu, mereka dapat menuangkan imajinasinya hingga membuat apapun.

Seperti setting perkotaan, kendaraan, binatang, hingga karya seni instalasi pun dapat dituangkan lewat Lego. Memang manian ini selalu identik dengan anak-anak, namun justru penggemarnya sebagian besar dari kalangan orang dewasa.

Salah satu kolektor lego di Semarang yakni Shabaz Pahlabot Lontoh.  Pria yang akrab disapa Basya itu saat dijumpai tim liputan di rumahnya di jalan Malabar nomor 1 Candi Baru, sedang asik menyusun lego yang baru dibelinya. Yakni helicopter seri joker alias musuh bebuyutan batman. Partikel demi partikel dia susun dengan sabar hingga terbentuk sebuah miniatur helikopter utuh. Untuk merakitnya, dia dibantu oleh buku petunjuk.

Tak butuh lama, untuk membuat helikopter, cuman membutuhkan waktu 15 menit. Sebuah miniatur helikopter lengkap dengan sang pilot pun terbentuk. Selain dibentuk menurut serinya, lego juga bisa disusun menurut kreasi dari pemiliknya. Tetapi untuk dapat berkreasi, dibutuhkan sejumlah partikel khusus yang bisa diambil dari lego hasil koleksi, maupun membeli secara terpisah.

"Seperti membuat satu set drum iang saya buat berdasarkan ide saya sendiri. Satu-persatu partikelnya pun saya jumput dari koleksi lego saya," ujar Basya sambil menunjukan drum set hasil kreasinya.

Basha memang sudah mengkoleksi lego mulai satu tahun yang lalu. Tak pelak, di rumah pria kelahiran 8 Agustus 1982 itu, tersimpan sekitar 50 seri lego dan ratusan minifix dengan berbeda-beda karakter. Oiya, minifix merupakan karakter bentuk manusia dari lego. Biasanya karakter minifix itu dikombinasikan berbagai macam figur, seperti tokoh super hero, tokoh film, monster, dan beragam jenis profesi pun ada.

Menurut Basha yang berprofesi sebagai wirausaha itu, mengkoleksi minifix lebih asik bila dibandingkan mengumpulkan lego. Karena untuk mengumpulkan satu persatu minifix, dia harus pintar meraba-raba bungkus minifix tersebut. Sebab, di kemasan minifix tidak disertakan gambar contoh tokoh apa yang ada di dalamnya.

Sehingga terkadang, saat dibuka dapat menemukan karakter yang sama. Namun ada pula, karakter yang susah sekali dicari, sehingga menjadikan karakter tersebut langka. Seperti karakter star wars dan vampire kesayangannya. Menurut Basha, dua minifix tersebut memang susah dicari bahkan keberadaannya langka, sehingga bila dijual harga minifix langka tersebut bisa mencapai Rp 500 ribu per karakternya.

"Mengkoleksi minifix itu ada seninya. Kita harus pintar meraba bungkus untuk tahu figur apa yang ada di dalam bungkus minifix. Bisa dibiliang seperti membeli kucing dalam karunglah," katanya disambut dengan tawa.

(Apit Yulianto/CN34)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
02 September 2014 | 22:01 wib
Dibaca: 56367
image
19 Agustus 2014 | 23:16 wib
Dibaca: 55848
image
26 Juni 2014 | 18:56 wib
Dibaca: 68962
image
02 Juni 2014 | 20:50 wib
Dibaca: 60317
image
18 Mei 2014 | 03:42 wib
Dibaca: 75092
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER