panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 Agustus 2013 | 19:24 wib
Berkirim Kartu Lebaran Digital Lebih Praktis
image

sm/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Berkiriman kartu lebaran sejak dulu sudah menjadi tradisi setiap Hari Raya Idul Fitri tiba. Kini, di era digital kartu lebaran bergeser dengan alat-alat komunikasi yang lebih canggih. Seperti berkirim kartu lebaran dengan e-card yaitu mengirim kartu lebaran elektronik via internet.

Nabila Rahma (21) misalnya, lebih menyukai berkirim ucapan Lebaran melalui e-card. Sebab, kartu lebaran elektronik ini didesain sesuai selera. Si pengirim lebih bebas berekspresi menuangkan ide kreatifitasnya melalui kartu via internet ini.

Proses editingnya pun relatif mudah menggunakan aplikasi grafis yang banyak dijumpai di komputer seperti program Corel Draw. Warna-warni atraktif bisa disajikan dalam kartu lebaran elektronik ini. Ada yang menambahkan foto diri sebagai pemanis. Dengan kartu lebaran digital ini juga bisa menyisipkan pesan atau untaian kata yang akan tampil bersamaan dengan kartu lebaran. 

''Ya, bagi pengirim yang narsis biasanya menambahkan foto dirinya. Di dalam fotonya pun mereka memakai baju muslim serta bergaya semaunya,'' katanya kemarin. 

Selain Nabila, beberapa pengirim atas nama perusahaan pun lebih memilih e-card untuk mengucapkan selamat Idul Fitri ke relasinya. Hotel Novotel Semarang misalnya, juga memanfaatkan kartu digital (e-card) untuk menyampaikan salam lebaran pada para relasi. E-Card tersebut dikirimkan baik melalui email atau media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Public Relation Coordinator, Audrey Stella mengatakan, alasan pihaknya memilih kartu digital karena ingin mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, kartu lebaran berbentuk fisik saat ini lebih sedikit responnya.

"Dengan email atau media sosial, relasi yang kita kirimi langsung dapat merespon. Sehingga media kartu digital ini memiliki kelebihan efisiensi waktu, tepat sasaran dan tentunya lebih menghemat biaya," ungkapnya.

Namun meski mengirim ucapan Idul Fitri ke relasi melalui email, Hotel Novotel Semarang tetap mengirim ucapan Lebaran dalam bentuk fisik. Upaya itu agar silaturahmi tetap terjaga. Stella menambahkan, upaya pihaknya mengirim kartu lebaran secara digital itu untuk melanjutkan tradisi yang sudah berlangsung sejak tahun 2010. Bahkan saat ini ada 500 relasi yang menerima kartu lebaran digital dari Hotel Novotel Semarang.

Anwariansyah penggiat kartu lebaran online 123greetings.com menuturkan, dengan berbagai fasilitas yang telah banyak disediakan saat ini membuat semua orang bisa mengakses internet di manapun. Apalagi, modem dan telepon genggam yang tersambung dengan internet kini mudah diakses di mana saja.

''Dengan kemudahan internet ini maka kartu lebaran pun mulai tergantikan dengan adanya e-card. Banyak sekali situs yang menyediakan layanan mengirim kartu lebaran ataupun berbagai kartu ucapan lainnya termasuk 123greetings.com,'' jelas dia.

Sejak dua tahun lalu, Anwar mulai membuat situs 123greetings.com yang menyediakan aneka kartu lebaran elektronik. Di situs ini si pengakses bisa dengan mudahnya bebas copy-paste apa saja stok kartu lebaran yang tersedia.

Caranya pun cukup mudah. Klik saja 'Personalize this Ecard'. Namun jika masih belum menemukan, tinggal klik tombol '<I>Next'<P> untuk mencari yang lain. Kreasi kata-kata pun bisa dimasukkan pada 'Card Footer'. Jika untaian kata yang indah telah ditulis dan card footernya selesai di ketik kartu siap dikirim. Lalu klik 'Send' untuk mengirimnya. 

(Fista Novianti, Anggun Puspita/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
03 September 2014 | 07:50 wib
Sleep Center Tunjungan Plaza
Terluas dengan Produk Premium
Dibaca: 65341
image
02 September 2014 | 20:19 wib
Dibaca: 48209
image
01 September 2014 | 16:07 wib
Jambore Sahabat Anak 2014
Kampanye Hak Anak Marginal
Dibaca: 49709
image
30 Agustus 2014 | 01:50 wib
Dibaca: 49235
image
27 Agustus 2014 | 07:32 wib
Spring Bed Motif Batik
Selaksa Tidur di Atas Awan
Dibaca: 6590
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER