panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Juli 2014 | 16:01 wib
Petis Bumbon, Menu Khas Kota Semarang Saat Ramadan
image

SEMARANG, suaramerdeka.com - Saat bulan Ramadan seperti ini, biasanya sajian menu khas pun bermunculan. Seperti menu masakan khas kota Semarang, yakni Petis Bumbon. Memang masakan rumahan yang mempunyai cita rasa khas ini jarang didapati.

Sebab, masakan yang sekilas mirip dengan sambal goreng tersebut, memakai bumbu khas, yakni petis banyar. Petis ini berwarna sedikit kecoklatan dan encer sebab bahan membuat petis ini menggunakan ikan banyar. Berbeda sekali dengan petis dengan bahan udang yang berwarna hitam dan kental.

Selain petis tersebut, masakan ini juga menggunakan bumbu rempah, sehingga aroma dan rasa rempah ini juga membuat khas. Seperti yang dituturkan oleh Hj Fatimah, warga Kampung Batik, Gayam, yang masih memasak menu tradisional satu ini, khususnya di bulan Ramadan.

"Selain bumbu tersebut, bahan lauk pauk yang dimasak seperti, telur bebek, udang, tahu, dan krecek. Memang masakan ini sekilas mirip sambal goreng, namun rasanya sungguh berbeda," katanya.

Fatimah mengatakan tidak mengetahui pasti sejarah masakan yang katanya khas Kota Semarang ini. Namun, dia memdapatkan resep petis bumbon ini berasal dari nenek buyutnya, yang kemudian di wariskan kepada keluarga secara turun temurun.

"Saat ini sudah jarang yang memasak dan menjual menu ini, sebabnya saya kurang tahu pasti, namun bisa dikarenakan susah mencari bumbu inti yakni petis banyar, kecuali di Pasar Johar Semarang," ungkap Fatimah seusai memasak menu tersebut.

Salah seorang anak Fatimah, Leni Fatmawati mengatakan, masakan petis bumbon ini rasanya khas, dengan kombinasi rempah. Tak terkecuali bumbu intinya, petis banyar yang menambah nikmat bila disantap saat berbuka atau pun sahur.

"Rasanya berbeda dengan lainnya, apalagi rasa petis banyarnya dan khas rempah yang sering membuat kangen untuk mengicipinya," ujar Leni seusai melahap sesuap hidangan petis bumbon.

( Apit Yulianto / CN33 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 49370
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 50359
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 52378
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 51147
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 7430
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER