panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
16 Juni 2014 | 18:09 wib
Sajian Minum Kopi ala Vietnam Pertama di Magelang
image

MAGELANG makin marak dengan warung kopi (warkop) atau kafe yang saling berbeda satu sama lain. Hal ini tidak lepas dari kian banyaknya anak muda yang suka "nongkrong" atau kongko sambil minum kopi di tempat senyaman kafe atau warkop.

Hal ini jadi salah satu alasan kehadiran Mrene Café di samping pintu masuk Nakula Artos Mall Magelang. Tidak hanya menghadirkan tempat yang nyaman, kafe ini juga menyajikan sensai penyajian kopi yang unik seperti yang biasa dilakukan masyarakat di Vietnam.

Sang pemilik kafe Cokro Hadisaputra Slamet Riyadi mengatakan, kafenya memang berbeda dari kafe lainnya. Salah satunya karena menyajikan sensai penyajian kopi ala masyarakat Vietnam dengan menggunakan alat bernama Vietnam Drip.

"Alat ini merupakan alat tradisional dan sangat jarang ditemui di Magelang, bahkan mungkin di Indonesia. Kami sajikan di sini, karena kami melihat pasarnya sangat menjanjikan," ujarnya saat ditemui di kafenya, Senin (16/6).

Mantan Chef di hotel berbintang itu menuturkan, hasil kopi yang dikeluarkan dari alat ini sangat pekat, kaya rasa, dan memiliki aroma memikat. Para penikmati kopi dijamin akan puas dan makin suka minum kopi.

"Coba rasakan sendiri sensasi dan aroma khasnya. Hanya dengan Rp 9.500 per porsi, para pelanggan sudah bisa menikmati kekhasannya. Konsumen bisa meramu dan meracik kopi ini sendiri sesuai selera. Satu porsi bisa untuk dua orang atau lebih," katanya.

Dijelaskannya, alat kerja alat ini sangat menarik. Ada empat bagian yang terdiri dari saringan bawah, cangkir, saringan atas (tamper), dan penutup. Masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Tamper berfungsi guna menekan kopi, sehingga sari pati kopi bisa keluar saat terkena air panas.

"Tamper sendiri terdapat dua jenis, yakni yang bersekrup untuk memberikan tekanan tambahan dan tanpa sekrup untuk tekanan yang hanya mengandalkan gravitasi," tuturnya.

Untuk cara penyajian, kata Cokro, terlebih dahulu biji kopi yang sudah dihaluskan dimasukkan ke dalam drip sekitar 8-10 gram. Setelah dikunci rapat, tuangkan air panas dengan suhu yang disarankan 92-95 derajat celcius.

"Setelah itu, letakan drip di atas gelas dan diamkan satu menit. Kopi akan menetes sendiri ke dalam cangkir. Kopi yang dihasilkan biasanya kental, lebih enak lagi jika ditambahkan susu, seperti kebiasaan orang Vietnam," paparnya yang menyediakan dua jenis kopi, yakni robusta dan arabica.

( Asef Amani / CN31 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 49750
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 50703
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 52707
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 51515
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 7540
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER