panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 Mei 2014 | 07:55 wib
Es Krim Ubi Ungu Karya Mahasiswa FE UNY
image

UBI ungu merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ubi ungu mulai banyak diminati konsumen yang peduli akan kesehatan karena mempunyai komposisi gizi yang baik dan memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi kesehatan tubuh.

Keberadaan senyawa antosianin pada ubi ungu yaitu pigmen yang terdapat pada ubi ungu berfungsi sebagai antioksida, antikanker, antibakteria, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.

Selama ini mengonsumsi ubi ungu hanya sebatas direbus atau digoreng. Sekelompok mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY yaitu Riska Dwi Astuti, Indah Rahayu Kurniasari, Irma Rohmawati, Arvia Ayunthara, dan Nanik Wijayanti membuat inovasi dengan mengolah ubi ungu menjadi es krim.

Menurut Riska, ini akan menjadi terobosan baru variasi rasa es krim di antara variasi rasa lainnya, terlebih warna alami ubi ungu yang tajam akan membuat tampilannya menarik namun tetap sehat karena tidak perlu tambahan pewarna makanan.

"Selain itu, es krim ubi ungu itu juga akan turut mengangkat ubi ungu sebagai makanan asli Indonesia yang kaya manfaat dan bisa diolah secara modern," katanya.

Indah Rahayu Kurniasari menambahkan bahwa ubi ungu mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, zat besi, fosfor, kalsium, protein, lemak, dan serat kasar.

"Ubi ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan," katanya seraya menambahkan karena di dalam warna ungu tersebut terdapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap racun, dapat membantu kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel darah. Selain itu, ubi juga mempunyai prebiotik, oligosakarida, dan kadar glycemic index yang rendah.

Irma Rohmawati memaparkan, cara pembuatan es krim itu, pertama kali ubi ungu dikupas, dicuci lalu direbus. Setelah matang ditumbuk hingga halus. Sementara itu air dipanaskan, masukkan susu cair dan ubi serta gula, lalu angkat dan sisihkan. Campurkan susu cair bersama tepung es krim, mixer dengan kecepatan sedang.

Masukkan adonan ubi ungu, mixer dengan kecepatan tinggi. Tuangkan dalam loyang stainless steel lalu masukkan dalam freezer selama 4-5 jam. Es krim ubi ungu siap untuk disajikan. Es krim ini disajikan dalam beberapa topping di antaranya potongan brownies, coklat cair, atau meises.

( Bambang Unjianto / CN31 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 23:55 wib
Dibaca: 49370
image
27 Agustus 2014 | 17:54 wib
Dibaca: 50359
image
18 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 52378
image
15 Agustus 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 51147
image
14 Agustus 2014 | 14:46 wib
Dibaca: 7430
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER