panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
28 Desember 2013 | 23:31 wib
Gamelan Scores, Sesaji Raja Suya dan Makutharama, Tiga Buku Banyak Ilmu
­
image

JAKARTA, suaramerdeka.com - Apa yang bisa diharapkan dari rilis tiga buku yang bernarasi tentang dunia gamelan dan wayang, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris? Tentu saja manfaat yang lebih luas dan dalam, agar pembaca dan pengguna bahasa Inggris, sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, menjadi lebih mengenal tentang gamelan dan wayang Indonesia.

Demikian yang terjadi ketika Yayasan Lontar merilis buku Gamelan Scores, Sesaji Raja Suya (The Grand Offering of the Kings) dan Makutharama (Rama's Crown). Ketiga buku itu diterbitkan dalam edisi bahasa Inggris setelah melewati proses panjang, yang membutuhkan dedikasi, ketekunan, serta kecintaan yang sangat mendalam dari pelaku dunia pewayangan seperti Ki Purbo Asmoro dan Kathryn Emerson.

Ki Purbo, semua orang maklum adalah seorang dalang sekaligus pengajar seni pertunjukan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Sedangkan Kathryn, yang kemudian lebih suka disapa mbak Katy itu, tinggal di Indonesia sejak 1992.

Kandidat doktor dari Leiden Insitute of Area Studies, Belanda itu, menjadi penerjemah pertunjukan Purbo Asmoro sejak 1994. Dan kini, penguasaan warga negara AS itu, terhadap bahasa jawa kromo inggil, mungkin mengalahkan orang Jawa asli. "Tapi saya masih kesulitan menejermahkan bahasa Kawi dalam bahasa Inggris," katanya ketika turut hadir dalam rilis tiga buku itu, di Jakarta, baru-baru ini.

Purbo Asmoro bersama mbak Katy, yang tinggal juga di Solo itu, bahu membahu menduniakan wayang via tiga buku itu. Ki Purbo bercerita, proses kreatif penerjamahan tiga buku itu bermula diawali perkenalannya dengan Katy sejak 9 tahun lalu.

Dan untuk memadatkan cerita wayang yang biasanya marathon, Ki Purbo acap melakukan pemadatan pakeliran. Pemadatan lakon, sepenceritaan Ki Purbo biasa dilakulan di ISI Solo, "Meski tidak mudah, karena penjabaran terhadap karya bisa macam-macam. Oleh karenanya kami memilih lakon Makutoromo, dengan pengayaan dari cerita Mahabarata dan Ramayana," katanya ihwah pemilihan lakon yang dibukukan dalam dwi bahasa itu.

Lakon Makutoromo menjadi pilihan utama untuk diterjemahkan, karena dinilai sesak dengan ajaran hastobroto, delapan laku tentang kepemimpinan yang sudah mapan. Via lakon itu, "Kita bercermin kepada alam, matahari dan lain-lain. Selain itu lakon ini sangat menarik, dengan kompleksitas permasalahan yang luar biasa," ujar ki Purbo. Dia menambahkan, di dunia militer piwulang delapan laku kepemimpinan ini juga diajarkan.

Katy yang mengaku melakukan proses penerjemahan lakon itu sejak enam tahun lalu, dengan menekuni lakon sepanjang 36 jam, dan harus diatulis dengan detil. Seberapa urgen lakon wayang diterjemahkan dalam bahasa Inggris? Menurut Ketua Pengurus Yayasan Lontar Rohmad Hadiwijoyo,

Wayang adalah solusi problem bangsa.

Benarkah demikian? Paling tidak menurut John H McGlynn, mewakili Yayasan Lontar, wayang adalah bentuk kesenian yang luar biasa, "Meski filosofinya saya tidak menguasai," katanya. Walau demikian, menurut dia, wayang bisa mendunia, "Karena nilai filsafatnya sangat luar biasa". John menambahkan, meski terjemahan ketiga buku itu, tidak akan semurni cerita aslinya, dan oleh karenanya banyak frasa yang kontraversial. "Ketiga buku ini tetap bisa menjadi jembatan yang baik kepada dunia," ujarnya.

Hal senada dikatakan Katy, yang harus banyak konsultasi ke Ki Purbo, "Jadi saya banyak merubah banyak kata dan revisi ulang, syukurnya beliu nggak pernah bosen," ujar Katy yang telah mendampingi Ki Purbo empat kali tur ke AS, serta beberapa kali ke Autria, Inggris, Jepang hingga India.

(Benny Benke/CN38)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
05 September 2014 | 22:52 wib
Dibaca: 70439
image
05 September 2014 | 22:46 wib
Dibaca: 66929
image
05 September 2014 | 22:43 wib
Dibaca: 65871
image
05 September 2014 | 22:37 wib
Dibaca: 64831
image
05 September 2014 | 22:33 wib
Dibaca: 63776
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER