panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Hukum
05 September 2014
Ahli Nilai Perlu Kesepahaman Pemberi dan Penerima Suap

JAKARTA - Terdakwa kasus korupsi Hambalang Anas Urbaningrum menghadirkan ahli hukum pidana Chairul Huda dalam kasusnya. Chairul menjelaskan, dalam kasus suap, pemberi dan penerima harus memiliki satu kesepahaman mengenai pemberian tersebut. Dalam kasus tersebut Anas dijerat dengan Pasal 12 huruf a dan b UU No 31/1999 sebagaimana diubah UU No 20/ 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Chairul menilai jika tidak ada kesepahaman antara pemberi dan penerima, maka unsur dalam pasal tersebut tidak terpenuhi. ”Kesepahaman itu membuat deal, sehingga sempurna terjadinya tindak penyuapan tersebut,” kata pengajar di Universitas Muhammadiyah Jakarta ini dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (4/8).

Menurut dia, pengadilan bukanlah tempat untuk mencari kesalahan seseorang. Pengadilan itu, kata dia, tempat untuk mencari kebenaran orang yang sedang dituduh melakukan kejahatan dalam suatu perkara. ”Pengadilan harus mencari ketidaksalahan orang bukan kesalahan orang. Jadi harus dicari apa yang menyebabakan kemudian sebagai dasar dia tidak bersalah, bukan menjadi dasar dia bersalah. Karena pengadilan adalah tempat memisahkan orang tidak bersalah,” paparnya.

Menurut dia, jika pengadilan hanya semata-mata untuk mencari kesalahan seseorang, namanya bukan pengadilan. Dasar didirikan pengadilan adalah untuk mencari ketidakbersalahan seseorang ”Kalau semata-mata untuk menyatakan orang bersalah, namanya bukan pengadilan. Kalau pengadilan justru sekali pun sudah sekian banyak bukti menyatakan dia bersalah harus dicari lagi ada enggak celah untuk menyatakan dia tidak bersalah,” ujar Chairul. Seorang hakim, kata dia, harus bisa mempertimbangkan saksi yang menyatakan orang itu bersalah dan yang menyatakan orang tersebut tidak bersalah. Dengan begitu keputusan yang diambil oleh hakim memenuhi rasa keadilan.(D3-71)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER