panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
05 September 2014
Asumsi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 5,8%
  • Harga BBM Rp 11.000/Liter

JAKARTA - Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono mengusulkan asumsi pertumbuhan ekonomi dalam nota keuangan RAPBN 2015 sebesar 5,6%. Namun, dalam pembahasan di Badan Anggaran DPR, Fraksi PDI-Perjuangan yang menjadi partai pemenang pemilu mengusulkan asumsi pertumbuhan naik menjadi 5,8%. Badan Anggaran pun sudah menyepakati besaran kenaikan asumsi tersebut.

Partai pengusung Presiden- Wakil Presiden terpilih Jokowi- JK menginginkan pertumbuhan tahun depan dipacu hingga 5,8% sesuai permintaan Jokowi. Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Chatib Basri optimistis dengan target baru tersebut. Dia menilai pemerintahan ke depan pasti sudah punya perencanaan yang matang untuk mencapainya. “Salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi berasal dari investasi. Menurutnya, Jokowi effect yang ramai diperbincangkan bisa jadi akan menarik investor untuk menanamkan modal di Indonesia,” kata Chatib, kemarin. Sebelumnya, Anggota Komisi XI DPR dari PDIP Arief Budimanta meyakini target pertumbuhan 5,8% dapat tercapai. Salah satunya dengan memacu investasi dan pengalihan anggaran untuk sektor yang produktif. Termasuk pengalihan belanja pemerintahan menjadi belanja modal. Juga, pengalihan alokasi subsidi BBM untuk programprogram infrastruktur.

Harga Keekonomian Sementara itu, PT Pertamina (Persero) siap jika pemerintah tidak melakukan upaya apapun terkait menipisnya kuota bahan BBM bersubsidi yang diperkirakan tidak akan cukup hingga 31 Desember. Salah satunya dengan menjual BBM bersubsidi jenis premium dan solar dengan harga keekonomian. Suhartoko mengatakan, harga keekonomian kedua jenis BBM subsidi tersebut sekitar Rp 11.000 per liter. Saat ini, harga jual premium adalah Rp 6.500 per liter, sementara solar Rp 5.500 per liter. Suhartoko menambahkan, pihaknya sudah siap dengan memasok premium dan solar keekonomian se-Indonesia, jika kuota BBM subsidi tak cukup sampai akhir tahun. (J10,dtc-79)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER