panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ragam
05 September 2014
Mangrove untuk Kehidupan

Lautan Indonesia lebih luas daripada daratannya. Maka tak heran apabila negara kita disebut negara maritim. Negara maritim identik dengan kekayaan laut, termasuk ikan yang jumlahnya tentu meningkat dari tahun ke tahun.

Namun hal ini belum dapat terwujud untuk menciptakan kesejahteraan para nelayan yang jumlahnya cukup banyak. Profesi sebagai penangkap ikan yang sukses sepertinya masih jauh dari harapan dan cita-cita sebagian besar nelayan tradisional kita. Berbicara tentang laut Indonesia, kerusakan pesisir pantai dari tahun ke tahun, diakui atau tidak, juga semakin meningkat. Khususnya di Jawa Tengah, kerusakan wilayah pantai selalu mengancam mereka yang tinggal di pinggiran laut. Warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan selalu terancam keselamatan akibat terjadinya abrasi pantai ataupun rob. Sebagai contoh, nelayan di pesisir Bedono, Sayung, Demak dan Pekalongan, mereka banyak yang meninggalkan tempat karena rumah mereka sudah tidak layah untuk ditempati. Keprihatinan selalu muncul karena rasa tidak nyaman akibat lingkungan sudah tidak dapat dihuni akibat rob dan abrasi.

Dengan kondisi seperti ini, biaya hidup tentu juga bertambah tinggi karena untuk mendapatkan tempat tinggal yang lebih aman dari sebelumnya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Manfaat Mangrove Mangrove atau bakau adalah jenis tanaman yang kuat hidup di air. Tanaman ini berfungsi untuk mencegah dan menanggulangi tergerusnya pesisir dari gelombang air laut. Tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus ini mudah tumbuh di pesisir laut mana pun. Untuk membudidayakan mangrove tidak memerlukan penanganan khusus. Bibit bisa langsung ditanam dengan memberi kayu tegakan di sebelahnya agar tidak mudah rusak. Pemberian tali pada kayu ikatan di sebelahnya bertujuan agar tanaman tidak mudah lepas. Semakin banyak bibit mangrove yang ditanam, akan memberi rasa aman bagi mereka yang tinggal di pesisir pantai, karena setelah besar, pohon mangrove dapat menjaga lingkungan pantai dari bahaya gelombang tinggi dan ancaman abrasi.

Di samping dapat menekan dan mencegah abrasi pantai, keuntungan lain dari mangrove adalah banyak ikan yang suka hidup di sekitar tanaman tersebut. Nelayan akan lebih mudah mendapatkan ikan daripada harus ke tengah samudra nan luas. Bagi nelayan tradisonal yang merupakan sebagian besar pencari ikan yang ada, untuk mendapatkan ikan tidak harus berlayar sampai ke tengah lautan. Menciptakan Kesadaran Untuk mewujudkan pesisir pantai yang aman dari abrasi, perlu kerja keras semua pihak. Para nelayan yang tinggal di pesisir pantai menjadi orang pertama dalam penyelamatan pantai. Merekalah yang lebih banyak tahu tentang kondisi alam sebenarnya. Dengan melakukan penanaman mangrove secara berkesinambungan, diharapkan nelayan tidak harus berpindah tempat karena rumah sudah bebas dari bencana air laut. Melakukan aktivitas mencari ikan juga tidak terlalu jauh, karena semua yang diperlukan sudah tersedia di sekitar pantai.

Pihak lain yang semestinya peduli adalah instansi terkait dalam penyelamatan pantai. Banyak instansi yang berkecimpung dan berkaitan dalam pelestarian pantai. Kerja sama dan koordinasi antarpihak tentunya akan lebih memudahkan dalam penyelamatan dan pelestarian kawasan pantai. Satu hal yang tidak bisa dimungkiri adalah dana yang dibutuhkan. Dengan koordinasi antarinstansi, sesuatu yang berat akan menjadi ringan. Bila meminjam istilah Jawa, jer basuki mawa bea, maka hal itu masih tetap bisa dijalankan. Kepedulian bisa juga dilakukan LSM. Wujud aktivits LSM peduli lingkungan dengan turut serta mendukung penyelamatan pantai akan mempercepat kondisi wilayah pantai yang bebas dari abrasi. Koordinasi lintas sektoral yang padu akan mempercepat terwujudnya wilayah pantai yang didukung dengan tanaman pelindung pantai, mangrove. (24)

–– Hendro Margo Raharjo, pegawai negeri sipil pada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah.


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER