panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
05 September 2014
25 Tahun Kiprah Anne Avantie
Pentas Kolosal 125 Model dan Artis
image

JAKARTA - Pergelaran 25 Tahun Anne Avantie Merenda Kasih di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Rabu malam (3/9), berlangsung sukses dan megah. Sang maestro kebaya asal Semarang itu bagai menyihir sekitar 4.000 pengunjung lewat 125 rancangannya yang dibawakan oleh 125 model dan artis dari berbagai generasi.

Marissa Nasution, Nadine Chandrawinata, Manohara, Maudy Kusnaedy, Widyawati, Rima Melati, Bunga Citra Lestari, dan banyak lainnya satu per satu tampil ke atas panggung. Dengan tata panggung menawan, Anne memasukkan nuansa Pecinan pada awal pembukaan peragaan busana.

”Saya sengaja mengusung konsep Pecinan seperti di Pasar Semawis, karena saya lahir dan tinggal di Semarang. Meski pergelaran ini berlangsung di Jakarta, nuansa Semarang tetap ada,” ungkap Anne. Pergelaran diawali dengan membuka tiga tirai di atas panggung yang disibak satu per satu. Saat tirai pertama dibuka, diiringi musik mandarin, sejumlah model berbusana batik lawasan dengan desain ceongsam merah menari dan meliuk-liukkan tubuh.

Selesai para model memamerkan busana, tirai kedua dibuka. Kali ini para model dan beberapa artis mengenakan kebaya model klasik dengan iringan musik orkestra Erwin Gutawa. Selanjutnya tirai ketiga yang berada di tangga kanan dan kiri panggung dibuka. Sejumlah model berkebaya modern dan mewah memeragakan rancangan Anne dengan apik.

Aset Jateng

Menurut Anne, meski kebaya-kebayanya memiliki berbagai model, ia tetap menjunjung tinggi dan taat pada pakem-pakem serta tata cara yang menjadi pijakan dalam melestarikan sekaligus mengembangkan warisan dan budaya.

”Tidak pernah ada dalam pikiran saya untuk meminggirkan apalagi menyepelekan aturan main yang berlaku dalam pelestarian budaya, khususnya kebaya,” tegasnya. Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, Anne Avantie adalah aset Jawa Tengah yang harus selalu didukung dan diapresiasi. ”Saya kagum dengan Anne Avantie. Dia wanita bertalenta yang luar biasa. Katena itu saya jauh-jauh datang dari Semarang khusus mengantar warga saya ke panggung ini,” ungkap Ganjar saat memberikan sambutan.

Apresiasi juga dilontarkan Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Gumelar. Ia berjanji terus mendukung karya-karya Anne. ”Kalau tadi Pak Ganjar mengatakan jauhjauh datang dari Semarang untuk mengantarkan warganya, maka saya yang ada di pemerintahan akan terus mendukung Anne Avantie untuk terus berkarya,” ungkap Linda. (si-59)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER