panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Internasional
05 September 2014
Ukraina Sepakat Gencatan

NEWPORT - Gencatan senjata di Ukraina disepakati. Presiden Ukraina Petro Poroshenko dan pemimpin pemberontak pro-Rusia, kemarin, menyatakan mereka akan memerintahkan gencatan senjata pada Jumat (5/9).

Terobosan paling signifikan ini dicapai setelah satu pekan kemenangan separatis pro-Rusia atas tentara Ukraina di sejumlah kota. Para petinggi NATO menuding kemenangan para separatis itu tak lepas dari bantuan ribuan tentara Rusia. Berbicara di sela-sela KTT NATO di Wales, Inggris, Poroshenko mengatakan bahwa gencatan senjata bersifat kondisional dalam pertemuan yang direncanakan digelar di Minsk pada Jumat.

Pertemuan itu akan dihadiri perwakilan dari Ukraina, Rusia, dan pemantau keamanan OSCE Eropa. ”Pada pukul 14.00 waktu setempat, ketika pertemuan (Minsk) berlangsung, saya akan memerintahkan Srtaf jenderal untuk menetapkan gencatan senjata bilateral. Kami harap pelaksanaan rencana perdamaian bisa dimulai besok,” kata Poroshenko kepada wartawan.

Bulan-bulanan Barat

Pemimpin pemberontak Alexander Zakharchenko dalam satu pernyataan mengatakan, separatis juga akan memerintahkan gencatan senjata sejam setelahnya, asalkan perwakilan Kiev menandatangani rencana perdamaian dalam perundingan di Minsk.

Pengumuman gencatan dilakukan sehari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengajukan rencana perdamaian tujuh poin, yang akan mengakhiri pertempuran di Ukraina timur. Sejauh ini belum ada tanda-tanda pertempuran di Ukraina timur bakal berakhir. Selama sepekan terakhir, pemberontak berhasil mengalahkan pasukan pemerintah di beberapa kota.

NATO dan Kiev menuding, kemenangan itu berkat dukungan ribuan tentara Rusia yang dilengkapi artileri dan tank. Namun tudingan itu dibantah keras oleh Moskwa. Rusia menjadi bulan-bulanan Barat dalam KTTNATO di Wales, Inggris, kemarin. Dalam pertemuan tingkat tinggi aliansi Barat itu, Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen secara terang- terangan menuding Moskwa telah menyerang Ukraina. (rtr-mn-66)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER