panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Internasional
05 September 2014
Al-Qaedah Galang Kekuatan di Asia Selatan
  • India Waspada

NEW DELHI - India memerintahkan sejumlah provinsinya untuk waspada setelah Al-Qaedah mengumumkan pembentukan sayap kelompok militan itu di India dan negara sekitarnya.

Dalam video yang diunggah di laman SITE, kemarin, pemimpin Al-Qaedah Ayman al-Zawahri menyatakan tekad untuk menyebarkan kepemimpinannya dan mengibarkan bendera jihad Al-Qaedah di India dan sekitarnya. ”Di seluruh daratan India,” demikian penggalan bunyi video tersebut. Otoritas India meyakini bahwa video tersebut asli dan mengingatkan otoritas sejumlah daerah untuk waspada.

Seorang pejabat India yang menghadiri rapat jajaran keamanan dengan Menteri Dalam Negeri India guna membahas video tersebut, mengatakan bahwa India merespons pengumuman itu dengan sangat serius. ”Peringatan telah disebarkan,” kata pejabat yang enggan disebut namanya itu. Otoritas keamanan India sudah biasa menangani ancaman serangan dari militan setempat maupun kelompok anti-India yang berasal dari Pakistan. Namun untuk pembentukan Al-Qaedah, belum diketahui secara pasti langkah seperti apa yang akan diambil.

KabarGembira

Hingga kini belum ada bukti kuat yang menunjukkan kehadiran Al- Qaedah di India. Namun video Al-Qaedah menyebutkan dua referensi soal Gujarat, yang merupakan kampung halaman Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, yang juga dikenal sebagai nasionalis Hindu. Modi sejak lama menjadi tokoh yang dibenci sejumlah militan karena insiden kerusuhan tahun 2002 yang menewaskan lebih dari 1.000 orang, sebagian besar muslim.

”Setelah munculnya video Al-Qaedah ini, kami harus dalam keadaan waspada tinggi. Kami akan bekerja erat dengan pemerintah pusat untuk mengatasi setiap ancaman yang muncul,” ucap SK Nanda, birokat senior di Departemen Dalam Negeri Gujarat kepada Reuters. Pejabat senior kepolisian setempat menuturkan, Gujarat sejak lama menjadi perhatian khusus karena kecurigaan adanya organisasi militan, termasuk Al-Qaedah.

Perhatian ini semakin meningkat semenjak PM Modi menjabat. Dalam video berdurasi 55 menit yang diunggah di internet, Zawahari menyebut pembentukan sayap Al-Qaedah di India sebagai kabar gembira bagi warga di Myanmar, Bangladesh, Assam, Gujarat, Ahmedabad, dan Kashmir. (rtr,bbc-mn-66)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER