panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
05 September 2014
Pengesahan RUU Pilkada Kemungkinan secara Voting

BANDUNG - Pembahasan RUU Pilkada kemungkinan akan diselesaikan secara voting. Sebab, hingga kini masih terjadi tarik-menarik antarfraksi terkait sistem pemilihan, secara langsung atau dikembalikan ke DPRD.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Badan Legislasi DPR, Sunardi Ayub di sela-sela kunjungan kerja di Gedung Sate Bandung, Kamis (4/9). Menurut dia, karena tarikmenarik kepentingannya kuat maka penyelesaiannya hanya bisa dilakukan dengan mekanisme voting.

Terlebih, UU tersebut harus segera disahkan. Sebab, periode anggota DPR akan berakhir pada 1 Oktober. Di sisi lain, pilkada serentak mulai digelar pada 2015. Kemendagri menyebut akan ada 203 kepala daerah yang berakhir masa baktinya. ”Waktunya tinggal satu bulan lagi, tidak mungkin ke kejar.

Bisa jadi dilakukan voting karena pada 2015 pilkada akan dilakukan serentak,” jelasnya. Dia berharap semua fraksi bersepakat tentang sistem pemilihan itu. Pilkada yang tidak menguras energi, biaya, dan keributan diyakini menjadi kesepakatan bersama. Opsi tersebut, katanya, memang cenderung mengarah kepada pemilihan melalui DPRD.

Hanya saja akan timbul sorotan. Dengan kondisi tersebut, Koalisi Merah Putih bisa diuntungkan karena kekuatannya cukup besar sehingga berpotensi dominan atas kursi gubernur, bupati, dan wali kota. Untuk itu, dia tak ingin mengenyampingkan semangat lain yang berkembang. ”Bicara parliamentary threshold, presidensial, harus pemilihan langsung, termasuk ketua DPR-nya,” jelasnya. (dwi-71)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER