panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
05 September 2014
Mesin Rokok Ilegal Dilacak dan Disita

KUDUS - Sejumlah perusahaan di wilayah kerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus meliputi eks Karesidenan Pati, sejauh ini merupakan pemasok rokok ilegal terbesar di Indonesia.

Setidaknya, hal itu dapat dibuktikan pada etiket rokok polos yang paling banyak menuliskan ”Kudus” sebagai wilayah produksinya. Padahal, produksinya justru sebagian besar dari luar Kota Keretek. Data terakhir menyebutkan, penindakan rokok ilegal terbesar KPPBC Kudus berada di Jepara, Kota Keretek, dan daerah lain di eks Karesidenan Pati.

Pelaku usaha seperti itu mengembangkan berbagai cara untuk dapat menghindari pantauan dan operasi petugas, salah satunya dengan menerapkan sistem sel dalam setiap tahapan produksinya. Aparat pun mengirim sinyal untuk memeranginya dengan berbagai cara baik pemberantasan, penerapan denda administrasi setinggi mungkin, pengambilan mesin produksi hingga ”membangkrutkan” usaha ilegal yang dilakukan.

Genderang Perang

Pelaksana Tugas Kakanwil Bea dan Cukai Jateng DIY Nugroho Wahyu Widodo mengemukakan hal itu kepada Suara Merdeka, Kamis (4/9). Keputusan rapat terakhir di institusi yang dipimpinnya, diperintahkan untuk ”menghabisi” rokok ilegal terutama di wilayah kerja KPPBC Kudus. ”Hal itu didasarkan hasil survei bahwa peredaran rokok ilegal di Jawa Tengah paling banyak,” ujarnya.

Pasar Jateng sebagian besar dipasok produsen rokok ilegal yang berproduksi di wilayah kerja KPPBC Kudus. Selain penindakan, pihaknya juga menilai, upaya edukasi masih perlu agar masyarakat dapat membeli produk yang legal saja. Kali ini, genderang perang terhadap peredaran rokok ilegal benar-benar akan dilakukan.

Sebelumnya, hal itu sudah diterapkan untuk mengurangi produksi barang isapan tanpa dilekati pita cukai itu. Persoalannya, peredaran dinilai masih banyak di pasaran. Tidak hanya dipasarkan di Pulau Jawa, tetapi sudah sejak lama merambah ke luar Jawa. Institusinya tidak akan segan melakukan hal-hal yang mungkin akan dianggap sangat keras oleh pelaku rokok ilegal. (H8-57,48)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER