panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
05 September 2014
3,4 Juta Batang Rokok Ilegal Disita
  • Produksi Gunakan Sistem Sel

KUDUS - Hingga kemarin Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus sudah menyita 3,4 juta batang rokok ilegal baik jenis sigaret keretek tangan (SKT) maupun sigaret keretek mesin (SKM).

Penindakan sebanyak itu diperoleh dalam 30 penindakan selama Januari hingga awal September. Kepala Seksi Inteldak KPPBC Totok Sucahyo didampingi Kepala Subseksi Penindakan Fitrianto Brotowasono mengemukakan hal tersebut kepada Suara Merdeka, Kamis (4/9). Dua penindakan terakhir dilakukan di Jepara akhir pekan lalu dan awal pekan ini.

”Penindakan selalu kami lakukan, tapi mereka masih saja memproduksi rokok ilegal,” tandasnya. Salah satu cara yang selalu digunakan untuk menghindari jerat hukum petugas, yakni menggunakan sistem sel. Setiap komponen produksi melibatkan pihak berbeda-beda. Mereka direkrut dari satu wilayah di luar tempat produksi atau pengepakan berlangsung.

Tak Tahu

Para pekerja tidak mengetahui siapa sebenarnya bos mereka. Segala sesuatunya diurus oleh pihak yang diserahi tanggung jawab oleh pemilik usaha rokok ilegal.

Seandainya mata rantai produksi ditindak, mereka tidak akan dapat memberi keterangan soal jejaring kepemilikan dan distribusi di atasnya. Mengenai ”predikat” Kudus sebagai produsen rokok ilegal terbesar, Totok mempunyai analisis tersendiri. Sejauh ini, di dalam dunia perokokan ilegal dikenal dua aliran, Kudus dan Kediri.

Biasanya, produsen di Jawa Tengah akan melekatkan nama ”Kudus” sebagai daerah produksi. Adapun di Kediri, selalu disebutkan produksi Indonesia. Khusus untuk wilayah KPPBC Kudus, produksi rokok ilegal terbesar di Jepara, Kota Keretek, dan sejumlah wilayah lain. (H8-57,48)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER