panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Solo Metro
05 September 2014
Penghasilan Anggota DPRD Dipotong

SOLO - Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Surakarta periode 2014-2019 harus rela gaji mereka tidak diterima utuh, karena dipotong untuk keperluan partai.

Besaran potongan bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing partai. Sekretaris DPD PKS Asih Sunjoto Putro mengatakan, partainya menerapkan kebijakan penghasilan setiap anggota DPRD dipotong Rp 5 juta dari total pendapatan sekitar Rp 12 juta, atau 41,67 persen.

“Besaran ini mengacu pada kebijakan DPP PKS, bahwa pemotongan penghasilan anggota DPRD tidak boleh lebih dari 50 persen. Nilai Rp 5 juta di Solo, sudah disepakati antara pengurus DPD dengan anggota DPRD terpilih,” jelas Asih. “Secara nominal, potongan untuk pimpinan Rp 3,5 juta, anggota Rp 2,5 juta,” jelas Sekretaris DPC PDIPTeguh Prakosa.

Besar potongan mengacu pada keputusan DPP PDIP 2010, yang berlaku secara nasional. “Tapi ke depan ada perubahan atau tidak soal besaran, kami belum tahu. Sejauh ini belum ada SK baru soal tersebut. Mungkin awal tahun depan, ada SK baru dari DPP. Kalau ada, tinggal mengikuti,” jelasnya.

Ketua DPC Partai Hanura Abdullah AAmengatakan, partainya juga memberlakukan potongan penghasilan bagi anggota DPRD terpilih. “Menurut aturan partai, potongan 15 persen dari penghasilan yang diterima. Tapi misalnya memberikan lebih dari itu, tidak masalah. Kan tidak apa-apa, loma untuk partai sendiri,” tuturnya. (H44-26,48)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER