panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Banyumas
05 September 2014
Membentuk Pribadi Kritis

SEJAK duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs), Eka Ari Setiawati mengaku senang berorganisasi. Beberapa organisasi yang diikuti saat itu antara lain, Organisasi Siswa Intrasekolah (Osis), Pramuka, dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU).

Setelah lulus dari sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP), perempuan berjilbab itu terus mencari jati diri melalui organisasi. Dia kemudian aktif menjadi pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Purwojati, Banyumas. Di jenjeng perguruan tinggi, dia tengah mengemban amanat organisasi sebagai Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEM-J) Jurusan Dakwah dan Komunikasi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto.

Menyita Waktu

Dia mengakui, mengabdikan diri dalam organisasi dapat membentuk seseorang menjadi pribadi yang kritis, mandiri, dan berkarakter. Selain itu, banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan roda organisasi di sekolah dan kampus. Salah satu tantangannya adalah menepis anggapan miring dari masyarakat sekitar.

Persepsi negatif tersebut muncul karena kegiatan organisasi terkadang menyita waktu hingga larut malam. Oleh karena itu, dia mengaku harus pintar membagi waktu, baik untuk kepentingan kuliah, berkarya, maupun berorganisasi. Dengan begitu, pendidikan dan hobi dapat berjalan beriringan tanpa harus ada yang dikorbankan.

Di kampus, dia aktif di komunitas jurnalistik, komunitas DAI serta komunitas radio. Selain itu, ia pun dapat meluangkan waktu untuk berkarya dengan menulis cerita pendek (cerpen), artikel, opini, atau puisi. Beberapa cerpennya ada yang sudah dijadikan buku, seperti antologi bersama Buku Pohon Dakwah (2013), Majalah Mayara (2013), Dakwah dan Cinta (2013), dan Keajaiban Dunia Bagiku (2014). (Puji Purwanto-63,48)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER