panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
05 September 2014
Kapal Pecah Diterjang Gelombang Besar
  • Enam ABK Asal Brebes Hil

BREBES - Sebanyak enam Anak Buah Kapal (ABK) dari kapal pencari ikan milik PT Putra Jaya Kota, Benoa, Nusa Dua, Bali, hilang diperairan Maureke, Papua setelah kapal tersebut pecah diterjang ombak besar. Keenam ABK asal Kabupaten Brebes itu yakni Sugiono, Ajam Jahari, Tobari, Ahmad Karis, Sanuri dan Didi Susanto. Mereka kesemuanya warga RT 01/ RW 01, Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Brebes.

Kepala Desa (Kades) Karangmalang, Idris Sugeng kepada Suara Merdeka yang menghubunginya via telepon kemarin mengatakan, dari laporan yang diterimannya, jumlah warga warga asal desanya yang menjadi ABK di kapal nahas itu sebanyak 8 orang.

Namun, dua ABK di antaranya selamat. Yakni, Andi dan Waidin. Mereka tersebut merupakan bagian dari 14 ABK kapal milik PT Putra Jaya Kota, Benoa Nusa Dua Bali. "Saat ini saya masih berada di Bali untuk mengurus hilangnya warga saya ini," ucapnya, Kamis, (4/9).

Menurut dia, tenggelamnya kapal ikan akibat pecah diterjang ombak itu terjadi pada 24 Agustus lalu. Peristiwa itu berawal saat kapal yang berangkat dari Pelabuhan Benoe Nusa Dua Bali berlayar menuju perairan Merauke, Papua untuk mencari ikan. Namun, dalam perjalanannya itu kapal diterjang ombak besar hingga pecah dan tenggelam.

Hentikan Pencarian

"Selain 8 warga saya, dari 14 ABK itu juga ada yang berasal dari Kabupaten Tegal, Banyumas (Jateng) dan Lumajang (Jatim)," tuturnya. Lebih lanjut dia menjelaskan, dua warganya yang selamat itu ditemukan di perairan Kupang.

Sementara, tim SAR Bali saat ini telah menghentikan pencariannya, menginggat upaya pencarian terhadap ABK lainnya belum berhasil ditemukan. "Saya bersama pihak keluarga ABK kini di Bali untuk meminta pertanggungjawaban dari PT Putra Jaya Kota. Alhamdulillah perusahaan pemilik kapal nahas ini merespons baik kami," katanya.(H38-15,48)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER