panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
04 September 2014
Jembatan Comal Terangkat 140 Cm

PEMALANG - Jembatan Comal sisi selatan (A) sudah terangkat setinggi 140 sentimeter dari fondasi lama, Rabu(3/9). Jembatan ini sebelumnya turun sedalam 2 meter lantaran tergerus palung Sungai Comal. Selain itu posisi abutmen(rangkaian fondasi) ikut ambles.

Pengangkatan jembatan A ini dilakukan sejak Jumat(29/8) secara bertahap."Sampai dengan Rabu pagi, posisi jembatan A sudah terangkat setinggi 120 cm pada sisi selatan dan 128 Cm pada sisi utara," kata konsultan perbaikan jembatan Comal, Ari Budiman.

Selanjutnya sampai dengan Rabu siang pengangkatan rangka jembatan dilanjutkan kembali sampai terangkat 20 cm pada sisi selatan dan 15 cm pada sisi utara.

Sampai istirahat makan siang, jembatan A sisi selatan sudah terangkat pada posisi setinggi 140 cm dan utara 143 cm dari fondasi lama.

Dikatakan lebih lanjut pengangkatan jembatan A ini terus dilakukan sampai pada posisi semula.

Setelahnya di bawah jembatan A akan dipasang portal dari beton.

Adapun abutmen lama tidak akan digunakan tapi membangun abutmen baru yang lokasinya berada 20 meter sebelah barat abutmen lama. Kemarin pembangunan abutmen baru sudah sampai pada tahap pemasangan rancang besi.

Jalan Pendekat

Adapun untuk menghubungkan abutmen baru dengan jembatan, akan dibangun jalan pendekat (masuk) ke jembatan dengan menggunakan konstruksi beton slap (lempeng).

 Konstruksi ini dibangun di atas 15 buah tiang pancang yang ditancapkan sedalam 27 meter.

Di jalan masuk ke jembatan sepanjang 20 meter ini terdapat lima baris tiang pancang. Satu baris terdiri atas 3 buah tiang pancang. Jarak antarbaris tiang pancang sekitar 5 meter.

Sementara pada tahap pembangunan slap beton, dipasang perancah (scaffolding) di sela-sela barisan tiang pancang. Setelah slap beton sudah memenuhi syarat konstruksi untuk difungsikan, scaffolding baru dilepas.

Dikatakan, jalan masuk jembatan yang menggunakan konstruksi beton slap ini saat dilalui kendaraan tidak menekan struktur tanah di bawahnya ke bagian yang lemah yakni abutmen.

Sebab di bawah beton slap ini hanya terdapat ruang kosong. Beban beton dan kendaraan yang melintas hanya menekan tiang pancang.(K40-15,58)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER