panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
04 September 2014
13 Warga Terima Uang Ganti Rugi
  • Pembongkaran Rumah di Lahan PT KAI

TEGAL - Sebanyak 13 warga, penghuni lahan milik PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero), tepatnya di belakang bekas Kantor Birao (Gedung SCS/Semarang Chirebon Stoomstram Matschapij) menerima uang ganti rugi pembongkaran dari PT KAI (Persero) Daop IV Semarang.

Besaran uang ganti rugi yang diberikan bervariasi sesuai hasil pengukuran PT KAI. Penyerahan uang ditandai dengan tanda tangan terima rekening dan penyerahan buku tabungan Taplus BNI 46 kepada warga di Ruang VIP Stasiun Besar Tegal, Rabu (3/9). Bagian Pemasaran BNI 46 Cabang Tegal Irfan Fahmi menjelaskan, begitu buku Taplus diterima, warga bisa langsung mencairkan uangnya.  "Bisa langsung di-print (dicetak) di kantor BNI 46. Karena uangnya sudah ditransfer," ucap Irfan.

Diamenyebutkan, setidaknya sudah ada 23 warga yang membuka rekening buku tabungan. Namun, pada pertemuan kemarin, hanya ada 13 orang yang mengambil buku tabungan. Besaran uang ganti pembongkaran yang diberikan bervariasi mulai Rp 2.900.000 hingga Rp 53.000.000.

Alot

Pertemuan yang juga dihadiri sejumlah personel PT KAI Daop IV Semarang itu, sempat berjalan alot. Sebagian warga menyatakan keberatan terhadap besaran uang ganti rugi yang diberikan.

"Kami hanya satu kata menolak. Kalau pun dibagikan, harus disaksikan eksekutif dan legislatif. Saya kira bu Wali tidak tinggal diam melihat warganya seperti ini," ucap Agus Sumardi, mewakili sejumlah warganya, yang sampai kemarin keberatan dengan besaran uang bongkar yang ditawarkan PT KAI (Persero).

Sementara itu, salah satu warga Tarini (41) RT 7 RW III mengaku pasrah dengan rencana PT KAI yang  akan membongkar permukimannya.  Dia mengaku mendapat uang ganti rugi Rp 11,5 juta. Uang tersebut akan digunakan untuk biaya kontrak rumah.

Sementara itu Manager Humas PT KAI (Persero) Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan, rumah warga di wilayah RT 7 dan 8 RW III Panggung, yang akan dibongkar sebanyak 56 unit. Sampai saat ini belum semua warga membuat rekening buku tabungan Taplus BNI.

Dia mengatakan, sesuai rencana PT KAI akan melakukan penertiban di lingkungan sekitar kantor SCS. Nantinya, lahan akan dimanfaatkan sebagai ruang publik dan taman yang akan memperindah bangunan kantor SCS.   (H45-15,58)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER