panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
04 September 2014
Perwakilan Perusahaan Purwokerto, Cilacap, DIY Dilatih K3U

YOGYAKARTA Sebanyak 26 perwakilan perusahaan dari Cilacap, Purwokerto, dan DIY mengikuti Pembinaan dan Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Umum (AK3U), di Hotel Jayakarta Yogyakarta. Pelatihan yang digelar BPJS Ketenagakerjaan ini bertujuan menyiapkan tenaga ahli K3U yang tersertifikasi di perusahaan.

Pasalnya, kebutuhan tenaga ahli bidang ini, khususnya di wilayah Jateng-DIY masih kurang. Menurut Kepala Cabang BPJS Ketenagkerjaan Yogyakarta, Moch Triyono, kesadaran dan kepedulian keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan sudah cukup baik. Sayangnya hal itu tidak didukung dengan tenaga ahli di bidang ini.

"Tapi tenaga ahli masih kurang, karena tidak setiap perusahaan punya ahlinya. Jadi pelatihan dan sertifikasi semacam ini penting. Diharapkan mereka ini nantinya bisa menerapkan keselamatan, dan kesehatan kerja ini di perusahaan masing-masing," jelas Triyono, di sela pembukaan di Wibisono Room Hotel Jayakarta, Rabu (3/9).

Memahami

Triyono menambahkan keberadaan para ahli K3U penting karena dididik memahami dan bisa menindaklanjuti keselamatan dan kesehatan kerja baik bagi dirinya, karyawan, perusahaan, lingkungan, dan sebagainya. Dengan adanya tenaga ahli diharapkan kenyamanan, keamanan, dan produktivitas tenaga kerja akan meningkat. 

Menurut Triyono, BPJS Ketenagakerjaan berlaku sejak 1 Januari 2014 lalu mengacu UU Nomor 24 Tahun 2011. BPJS memberikan perlindungan melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK), serta kesejahteraan melalui program Jaminan Hari Tua (JHT), dan jaminan pensiun.

Pihak PT Surveyor Indonesia yang menjadi pelaksana kegiatan akan menggelar pelatihan selama 3-13 September. Selama sepuluh hari peserta akan mendapatkan bimbingan dari para BPJS, Disnakertrans Provinsi, Kemenakertrans hingga pakar, dan profesional terkait.

Hari pertama hingga ketujuh, materi akan difokuskan pada teori. Sementara pada hari kedelapan dan sembilan, peserta akan melakukan praktik di perusahaan sekitar Yogyakarta. Sementara hari terakhir akan dilaksanakan seminar. Dari rangkaian iru para peserta juga akan melaksanakan ujian. Bagi mereka yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat sebagai tenaga ahli K3U.(H50-52,58)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER