panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
04 September 2014
KIPRAH
Olahraga Anggar Keren dan Elegan
  • Oleh Ike Purwaningsih
image

Olahraga beladiri biasanya nggak jauh-jauh dari gerakan memukul, menendang dan menjatuhkan. Tapi kalau ngomongin olahraga anggar, bakalan beda nih, Teman. Kalau kata Dhika Lesnawati (17), siswa sekaligus anggota ekstrakulikuler anggar SMA1 Ungaran, olahraga beladiri satu ini terlihat keras tapi elegan.

Selain karena kostumnya yang serba putih ditambah masker pelindung muka, permainan yang mengutamakan kelincahan tangan dalam memainkan pedang itu terbukti berhasil memikat puluhan siswa SMA1 Ungaran, Kabupaten Semarang. Nggak terkecuali Dhika. Siswa kelas XII itu menuturkan, ketika kali pertama melihat demostrasi anggar saat Masa Orientasi Siswa (MOS) baru di sekolahnya, ia langsung kepincut pengin belajar anggar.

Nggak berpikir lama, ia langsung bergabung dengan ekstrakulikuler anggar yang ada di SMA-nya itu. Yups, anggar jadi olahraga baru baginya. ‘’Awal aku melihat permainan anggar, kayaknya kok gampang banget memainkan pedangnya. Tapi ternyata untuk bisa memainkannya dengan baik dan memenangkan pertandingan, nggak gampango.

Tapi olahraga ini asyik dan seru banget,’’ungkap cewek yang mengaku suka sekali olahraga. Dhika menuturkan, sebelum bisa memainkan anggar seseorang kudu menguasai kemampuan dasar anggar, salah satunya yakni kuda-kuda. Untuk melakukan kuda-kuda dengan baik, seseorang harus mengandalkan kekuatan kaki.

Itu sebabnya di tiap latihan yang diadakan saban minggu pagi di SMA1 Ungaran, sekitar 20-an anggotanya harus selalu melakukan pemanasan gerakan kuda-kuda. ‘’Sebulan pertama aku latihan kudakuda, kakiku sampai biru-biru karena nggak terbiasa,’’ujar Dhika.

Posisi kuda-kuda yang sempurna bakal membantu menopang berat tubuh yang harus bergerak lincah dalam memainkan pedang. Nggak itu aja kudakuda juga jadi dasar titik tolak serangan. Dhika menambahkan, selain pasang kaki kuda-kuda, posisi tubuh yang tegap dan miring alias nggak menghadap lawan akan membuat pemain anggar terhindar dari serangan pedang lawan.

Kontrol Emosi

Anggota ekstrakuliler anggar lainnya, Auditya HR (16) mengatakan selain mengandalkan kekuatan fisik, untuk menguasai permainan dan mengalahkan lawan, seorang pemain anggar harus bisa mengontrol emosi dan fokus berkonsentrasi. ‘’Biasanya kalau pas pertandingan, susah banget mengatur emosi.

Bawaannya pengin cepat menusuk lawan dengan pedang, lalu mencetak poin dan menang,’’tutur cowok yang lebih akrab dengan sapaan Audi itu. Siswa kelas XII SMA1 Ungaran itu mengakui jika masih cukup kesulitan mengatur emosi, sehingga kerap kali ia nggak fokus untuk mengatur strategi dengan cepat dalam menangkis serangan dan menyerang lawan.

Audi mengatakan bila seorang pemain anggar bisa berkonsentrasi dengan baik, ia bisa dengan mudah memanfaatkan serangan lawan. ‘’Kalau bisa mengatur emosi dan berkonsentrasi, setelah berhasil menangkis serangan lawan, kita bisa dengan cepat dan tepat membalas serangannya dengan menusuk lawan pakai pedang kita,’’imbuh cowok berkacamata itu.

Nah, untuk menguji seberapa besar kemampuan dalam olahraga anggar, tiap enam bulan sekali para anggota ekstrakulikuler anggar SMA1 Ungaran bakal diuji dengan mengikuti pertandingan antar klub anggar dari kota-kota lain. Choirul Wahyu W(17), anggota ekstrakulikuler anggar SMA1 Ungaran menuturkan dengan adanya pertandingan semacam itu ia dan teman-teman nggak cuma bisa mengukur kemampuan mereka, tapi sekaligus belajar strategi permainan dari lawan lainnya. (92)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER