panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
04 September 2014
DEBAT - ''Makna HUT RI''
Hapus Mental Korupsi
  • Zulfa Sania Dasairy - Mahasiswi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Diponegoro
image

Setiap tahun bangsa Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaannya. Media televisi sibuk menyiarkan pidato kenegaraan, upacara pengibaran bendera pusaka, dan film mengenang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Berbagai perlombaan pun digelar masyarakat, mulai dari lomba membawa kelereng dengan sendok, balap karung, main egrang, panjat pinang, makan kerupuk, dan lain-lain. Indonesia telah mencapai 69 tahun. Cukup tua untuk ukuran manusia. Perayaan yang dilakukan selama satu hari hanyalah sebuah bayangan semu. Makna sebenarnya perjuangan Indonesia adalah terletak pada 364 hari setelah 17 Agustus sampai menuju 17 Agustus berikutnya.

Perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai keberhasilan cukup berat. Mental bangsa Indonesia ini harus diubah, yaitu korupsi dan praktik suap. Berbagai program dilaksanakan dengan dana yang telah dialokasikan negara. Pemimpin Indonesia merupakan cerminan bagi masyarakatnya.

Kemajuan bangsa Indonesia bersumber pada semua elemen negara, yaitu pemerintah dan masyarakat. Pembangunan negara akan berhasil jika sang pembangun amanah dan masyarakat yang menikmati menjaga fasilitas dengan baik. Tidak ada uang pelicin, suap, dan uang siluman. (92)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER