panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
04 September 2014
DEBAT - ''Makna HUT RI''
Cinta Tanah Air
  • Abdul Ghofur - Mahasiswa Fakultas Ushuludin IAIN Walisongo Semarang
image

Seluruh lapisan masyarakat Indonesia tidak pernah absen memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 17 Agustus setiap tahun. Bentuk peringatan beraneka ragam mulai dari maraknya lomba di kampung-kampung hingga upacara resmi yang digelar oleh berbagai instansi pemerintahan.

Peringatan HUT RI memang sangat meriah. Namun, Indonesia, negara yang telah memproklamirkan kemerdekaan sejak 69 tahun silam masih banyak ditemukan kondisi kehidupan terjajah. Eksploitasi kekayaan alam oleh bangsa lain, banyaknya warga miskin, minimnya keadilan merupakan kondisi negara tidak merdeka.

Semua ini lantaran rasa cinta tanah air tidak tertanam dalam diri sebagaian warga Indonesia khususnya para elit pemerintah sebagai pengemban amanat negara. Dari peringatan HUT RI setidaknya dapat diambil pelajaran begitu gigihnya para pahlawan mengorbankan jiwa raganya demi merebut kemerdekaan.

Semangat juang mereka didasari oleh cinta Tanah Air dan rasa memiliki indonesia. Dengan demikian, HUT RI yang diperingati setiap tahun itu tidak sekedar menjadi ritual belaka, namun harus mampu menjadi media untuk mengenang, mengembil dan mengamlakan semangat cinta Tanah Air para pahlawan itu. (92)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER