panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Kesehatan
03 September 2014
ALS Penyebab Kelumpuhan
  • Oleh Anies

JULIA Perez yang dikenal sebagai aktris sensasional baru-baru ini ikut menyemarakkan gerakan kampanye peduli penyakit ALS (amytrophic lateral sclerosis)  dunia, melalui aksi ice bucket challenge.

Penyakit  ALS atau yang dikenal juga dengan penyakit ’’Lou Gehrig’’ akhir-akhir kembali menyita banyak perhatian orang. Karena itu, menjadi alasan bagi banyak orang di berbagai belahan dunia untuk melakukan ice bucket challenge. Banyak selebriti melaku­kannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ALS.

ALS merupakan penyakit yang dapat diturunkan, meskipun belum jelas peningkatan risikonya bila memiliki keturunan ALS. Sebab penurunan belum tentu berasal dari orangtua, tetapi bisa juga dari generasi sebelumnya.

ALS boleh dikatakan mematikan karena jika tidak diobati sejak terdiagnosis. Kemungkinan seseorang untuk bertahan hidup hanya sekitar tiga tahun. Namun bila diobati, perjalanan penyakit dapat lebih lama. Walaupun demikian, sampai saat ini pengobatan hanya dapat mengatasi gejalanya saja, bukan untuk menyembuhkan penyakit.

Penyebab utama kematian dari orang dengan ALS, karena tersedak, sebab kemampuan menelannya menurun, dikenal dengan nama pneumonia aspirasi.

Kemampuan menelan memang merupakan sasaran dari penyakit ALS. Kemampuan menelan melibatkan otot yang dikendalikan oleh saraf motorik.

Pada ALS, yang diserang saraf motorik yang berfungsi mengantarkan rangsang pada otot untuk melakukan gerakan. Gerakan yang dikontrol oleh saraf motorik, misalnya gerakan memegang benda atau berjalan.

 Gejala

Gejala tidak serta-merta datang ketika seseorang baru bangun tidur kemudian mengalami kelumpuhan. Gejala seringkali datang tanpa disadari. Gejala awalnya biasanya berupa kram, otot tegang, kesulitan mengunyah dan menelan. Lebih lanjut, orang dengan ALS juga kehilangan kemampuan bernapas dan menelan.

Secara umum, gejala-gejala yang dapat terjadi adalah sebagai berikut.

- Kejang otot. Salah satu gejala umum dari penyakit ini adalah munculnya kejang di otot. Kejang ini berlangsung sering serta terasa sangat menyakitkan.

- Kesulitan bernapas. Jika terkena penyakit ALS, Anda akan mulai mengalami kesulitan untuk bernapas. Kebanyakan pasien ALS meninggal karena gagal napas.

- Kesulitan berbicara. Pada stadium akhir penyakit ini, umumnya penderita tidak mampu berbicara sama sekali. Mereka akan mengalami gangguan menebalnya lidah hingga gangguan berbicara secara permanen.

- Mudah lelah. Otot akan kehilangan kekuatannya, sehingga penderita mudah lelah. Namun justru kelelahan ini akan berlanjut dengan ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas fisik.

- Sulit menelan. Di samping kesulitan berbicara, penderita ALS juga akan mengalami kesulitan menelan. Hal ini terjadi karena otot-otot diafragma mulai melemah.

Otot berkedut. Penderita juga mengalami otot yang berkedut. Berkedutnya otot akan terjadi tanpa dirasakan oleh penderita ALS dan sulit untuk menghentikannya.

Sulit berjalan. Otot kaki juga mulai melemah, sehingga penderita hanya mampu berjalan untuk jarak pendek, bahkan sampai sulit berjalan.

Sulit mengangkat tangan. Selain mengalami sulit berjalan, penderita ALS juga akan sulit mengangkat tangan, sampai pada stadium akhir akan terjadi kelumpuhan parsial.

Sulit Diobati

Sayangnya, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini sampai tuntas. Pengobatan masih berupa upaya untuk menahan laju pemburukan yang terjadi. Misalnya, dengan vitamin penambah kekebalan tubuh atau zat antioksidan. Berbagai pengobatan mutakhir terus dicoba, termasuk terapi stem cell (sel punca) yang saat ini masih dalam penelitian.

Penyakit ini memang sulit dicegah, namun secara umum kita harus meningkatkan kekebalan tubuh, baik dengan diet dan olahraga yang baik, di samping mengonsumsi vitamin dan antioksidan.(11)

 
- Prof Dr dokter Anies MKes PKK,  Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pence­gahan pada Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER