panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
02 September 2014
KIPRAH
Kampanye Kreatif lewat Kesenian
  • Oleh Miftahun Nikmah
image

Sore akhir pekan lalu, puluhan remaja sedang latihan flashmob tarian modern di depan gedung Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Tengah, Jl Jembawan Raya No 8-12 Semarang. Mereka bersemangat latihan karena akan pentas di acara ”Ajang X-presi Remaja” pada 5-6 September.

Acara untuk memeringati Hari Remaja International itu digelar oleh Pusat Informasi dan Layanan Remaja (Pilar) PKBI, dengan tajuk ”Bergerak, Bersama untuk Remaja”. Dari tajuk itu jelas bahwa acara merupakan merupakan ajang para remaja mengekspresikan diri dalam kreativitas seni dan pelbagai aksi positif.

”Ajang X-presi Remaja” meliputi dua kegiatan, yaitu pementasan drama Musikal Balukarna di Balai Kota Semarang, dan Ajang Ngumpul Komunitas di Taman KB Semarang yang masing-masing berlangsung selama dua hari.

Puput Susanto, Koordinator Pilar PKBI Jateng mengatakan, ”Ajang X-Presi Remaja” ini merupakan upaya Pilar PKBI untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan reproduksi dan seksual remaja melalui cara kreatif.

”Kalau biasanya penyampaian informasi lewat penyuluhan dan pelatihan, kini Pilar PKBI memberi informasi lewat pagelaran kesenian,” ujar Puput.

Mahasiswa Unnes Semarang itu berharap, ajang tersebut bisa mendapat apresiasi dari masyarakat Semarang, khususnya kalangan remaja. Dan, pesan yang ingin disampaikan pun melekat di dalam benak para remaja agar mereka tercegah dari perbuatan negatif.

Drama musikal berjudul Balukarna berisi tentang realitas negatif remaja masa kini, yang terjerat masalah. Pesan yang ingin disampaikan adalah pentingnya memproteksi diri dan pergaulan agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan reproduksi dan seksual seperti free sex, hamil di luar nikah, narkoba hingga aborsi.

Fashion Show

Adapun Ajang Ngumpul Komunitas menampilkan aksi dari berbagai komunitas remaja di Semarang. Komunitas tersebut antara lain Jazz Ngisor Ringin, Orat Oret, Hena Art, Komunitas DJ Semarang, Pemblusukan, Chalk Art Indonesia, Semarang Hypno Community, dan lain-lain.

Selain aksi komunitas, juga ada fashion show baju tradisional, modern dance, tari tradisional, band dan stan pameran dari Peer Educator binaan Pilar PKBI Jateng.

”Bangga banget bisa bergabung di acara ini. Aku bisa mengekspresikan hobi menari dan ikut mengampanyekan aksi positif,” kata Bintang Parameswara.

Siswa SMK 1 Kesatrian Semarang itu akan tampil menari ”Dance4life” di Ajang Ngumpul Komunitas. Bintang dan puluhan remaja yang akan tampil sudah berlatih sejak bulan Ramadan lalu.

Selain Bintang, Eka Saputri yang juga akan tampil dalam drama musikal Balukarna mengaku senang bisa terlibat dalam pagelaran ini, karena ia jadi belajar berakting dan menari.

”Aku juga dapat pengetahuan biar lebih hati-hati dalam bergaul. Beberapa hari menjelang pementasan, rasanya deg-degan. Persiapan saat ini lebih ke persiapan mental biar nggak grogi tampil di depan penonton,” imbuh siswa kelas XII SMK Kesatrian 1 Semarang itu.

Nah, jika pengin menyaksikan pementasan drama musikal Balukarna, kamu bisa menghubungi Puput (081326032558) dan Dwi (085640156233). Jangan lupa, datanglah ke Ajang Ngumpul Komunitas dan saksikan pagelaran seni budaya kreatif ala anak muda Semarang. (62)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER