panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
02 September 2014
DO YOU KNOW ?
Kisah Sekotak Bento
  • Otit
image

Kamu yang penggemar makanan Jepang, pasti sudah nggak asing dengan menu bento. Yap, bento adalah sekotak makanan berisi nasi berikut lauk pauknya yang bisa kamu bawa ke mana-mana. Selain praktis, bento juga diminati banyak orang karena varian isinya.

Nah, biar makan bento makin terasa nikmat, kamu sebaiknya juga mengetahui sejarahnya. Tahukah kamu bahwa bento berhubungan dengan gaya hidup masyarakat Jepang yang suka makan di luar rumah. Tahun 1568 sampai 1600-an orang-orang membawa makanan yang diletakkan dalam kotak kayu yang dipernis. Kebiasaan itu lalu ada dalam upacara minum teh (hanami).

Pada zaman Edo (sekitar 1600-1880-an) kebiasaan membawa bento semakin luas di kalangan rakyat Jepang. Orang-orang membawanya di pinggang ke mana pun pergi. Biasanya bekal itu berisi nasi onigiri.

Ada jenis bento yang disebut makunochi bento. Itu adalah bento yang orang bawa pada saat menonton pertunjukan kabuki. Isi bento dimakan pada saat pergantian layar panggung. Lambat laun kebiasaan ini menyebar luas di kalangan pelajar.

Pada 1912 hingga 1926, kebiasaan itu dihentikan karena timbul gerakan sosial yang melarang membawa bekal ke sekolah. Hal itu dianggap menimbulkan kesenjangan antara orang kaya dan miskin karena jadi ajang pamer kekayaan. Kala itu, bento menjadi barang mewah di Jepang karena kotaknya terbuat dari alumunium yang aman dan mudah dibersihkan.

Bento kembali populer pada 1980-an. Sejak saat itu hingga sekarang, bento banyak kita jumpai di berbagai tempat. Tapi, bento yang paling disukai orang adalah bento yang dibuat oleh orang kesayangan. Bento juga jurus ampuh untuk menyatakan cinta pada gebetan, lo. Ihir! (62)

 


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER