panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekspresi Suara Remaja
02 September 2014
TIPS
Siap-Siap Ngekos
  • Otit
image

Apakah kamu mahasiswa baru yang datang dari luar kota? Untuk keberlangsungan kuliahmu beberapa tahun ke depan, sudahkah kamu mencari kos? Kalau belum, ayo, buruan mencari! Kos nggak sekadar tempat buat tidur, lo. Bagi mahasiswa, kos adalah tempat nongkrong paling nyaman.

Kamar kos adalah saksi bisu segala macam perjuanganmu di kota rantau kelak. Kamar kos yang baik adalah kamar yang bisa memberikan kenyamanan dalam belajar, berteman, berkreasi bahkan menyimpan galau. Maka, temukan tempat tinggal sementara yang berjodoh denganmu. Ini dia tipsnya.

Pertama, jangan buru-buru. Ada orang-orang yang mencari kos jika sudah mendekati waktu masuk kuliah. Kamu sebaiknya nggak melakukan itu karena bisa saja semua tempat kos sudah berpenghuni. Akibatnya, kamu jadi asal memilih kamar, yang penting bisa buat tidur.

Carilah tempat kos minimal dua bulan sebelum kamu tempati. Selain nggak ada perasaan terburu-buru, kamu juga jadi bisa memilih dengan leluasa. Kamu juga akan terhindar dari aksi pemanfaatan karena kepepet.

Kedua, carilah kos yang ”worth it”. Eits, ini nggak ngomong mahal atau murah ya. Soal mahal atau murah itu relatif. ”Worth it” maksudnya adalah layak atau nggak kamar kosmu dengan harganya. Jangan sampai harga kos mahal, tapi kamu nggak dapat fasilitas oke dan kenyamanan yang kamu idam-idamkan.

Ini juga salah satu keuntungan kamu mencari kos jauh-jauh hari. Yap, kamu bisa berkelana mencari pembanding. Enak kan jika ketemu kos dengan harga lebih murah tapi fasilitas sama?
 
Ketiga, perhatikan lokasi kos. Nggak cuma harga, pertimbangan lokasi juga penting. Carilah lokasi yang strategis dan dekat kampus. Kos yang dekat dengan kampus, otomatis akan memangkas biaya dan waktu berangkat ke kampus.

Selain itu, pikirkan juga akses ke kosmu. Adakah kendaraan umum, lebar atau sempitkah jalan menuju kosmu? Kamu bisa mempertimbangkan, apakah kosmu dekat dengan jalan raya, warung makan, tukang jual pulsa, laundri, fotokopi dan tempat wajib lainnya.  

Keempat, perhatian orang-orang satu kos. Untuk yang satu ini, tiap orang mempunyai kriteria yang nggak sama. Ada orang yang suka dengan teman-teman yang solid dan peduli. Tapi, ada juga orang yang lebih nyaman sendirian. Carilah kos-kosan yang sesuai dengan kriteriamu.

Kelima, peraturan kos. Sebelum kamu tawar-menawar harga kos, ada baiknya kamu bertanya tentang peraturan kos. Terkadang ada kos yang membutuhkan uang tambah ketika kamu membawa barang-barang elektronik. Peraturan soal jam malam dan boleh atau nggak membawa hewan piaraan juga bisa kamu tanyakan. (62)

 


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER