panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Teknologi
25 Agustus 2014
GADGET : Xiaomi Mi3
Kinerja Hebat, Harga Hemat
  • Valen Yoano

Salah satu ponsel pintar yang dinanti-nanti konsumen di Indonesia adalah Xiaomi Mi3. Kinerja yang mumpuni namun dengan harga yang terjangkau menjadi daya tarik utamanya.

Xiaomi Mi3 di­be­kali prosesor mutakhir saat ini, yakni Qual­comm Snap­dragon 800 qu­ad core Krait 400 2.3 GHz, GPU Ad­re­no 330 dan RAM 2 GB. Bila me­­rek lain dengan spesifikasi seperti itu harganya di atas Rp 5 juta, Xiaomi berani me­matok harga di ba­wah Rp 3 juta.

Fitur-fitur yang disematkan juga kelas atas. Sebut saja sensor kamera buatan Sony beresolusi 13 megapiksel. Kameranya dapat untuk merekam video dan dilengkapi penstabil gam­bar, untuk menjamin gam­bar tetap tajam walau merekam sambil berjalan. Layar sentuh sudah full HD (1920 x 1080 piksel) dengan beragam mode pe­mo­tretan.

Pihak Xiaomi mengklaim Mi3 sangat mudah digunakan, berkat penggunaan Custom ROM MIUI sehingga antarmuka mu­dah dipahami oleh pemula se­ka­lipun. Custom ROM menjadi keunggulan dari Xiaomi sekaligus bisnis awal vendor asal Tiongkok tersebut, se­be­lum memasuki pasar smartphone.

Dengan custom ROM ini pulalah, Mi3 memiliki daya tahan baterai yang lebih dibanding de­ngan merek lain. Se­la­in itu pihak Xiaomi juga mengklaim, cus­­tom ROM mam­pu me­ng­­e­fisiensi kinerja An­droid Kit Kat yang dipakai.

Penyimpanan MiCloud

Dengan perpaduan hardware kelas atas dan Custom ROM, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang menak­jubkan saat menjalankan semua aplikasi. Bermain game dan menjalankan multitasking dapat dilalui dengan mulus tanpa jeda.

Mi3 hanya memiliki memiliki internal dalam tiga pilihan 16GB/32GB/64GB. Karena tidak memiliki slot memori eksternal, Xiaomi menggantinya dengan MiCloud, komputasi awan un­tuk penyimpanan tambahan. Tersedia MiCloud gratis 5 GB, bila ingin lebih dari itu ma­ka pengguna harus memilih opsi MiCloud berlangganan/berbayar.

Sementara untuk koneksi, Mi3 mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual band sehingga ponsel ini dapat terhubung dengan router jenis apapun. Kelemahan Mi3 hanya satu, belum mendukung 4G. Tapi ini tidak masalah karena jaringan 4G belum optimal di Indonesia.

Mi3 telah beredar di Singapura dan Malaysia. Sementara untuk pasar Indonesia, Xiaomi merencanakan akan masuk akhir Agustus 2014. Belum ada kepastian harga untuk Mi3, namun diperkirakan tak jauh beda dengan harga di Malaysia, yakni 759 ringgit atau sekitar Rp 2,7 jutaan.

Xiaomi telah menggandeng Erafone se­bagai distributor. Selain memasarkan melalui outlet, perusahaan itu juga akan memasarkan produknya melalui online dengan sistem flash sale, yaitu menjual dalam jumlah tertentu dan waktu tertentu. Biasanya pasarnya dibuka pa­da jam makan siang. (38)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER