panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
14 Februari 2012
Salah Tulis Anggaran
Tunjangan Sertifikasi Guru PAI Belum Cair
SOLO- Seratusan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Surakarta, hingga kini, tunjangan sertifikasi periode Juli-Desember 2011 belum cair. Padahal batas waktu pencairan jatuh pada 19 Desember lalu.

Kasubag Tata Usaha (TU) Kementerian Agama Surakarta Syamsuddin mengatakan, semua persyaratan sudah dilengkapi. Termasuk persyaratan baru mengenai Nomor Registrasi Guru (NRG) yang diberlakukan mulai tahun ini.

”Terjadi kesalahpahaman. Guru memang sudah dapat NRG, tapi belum tahu nomor urutnya. Staf di KPN (Kantor Perbendaharaan Negara) tidak berani mengurusnya. Setelah itu kami berinisiatif menanyakan langsung ke Kepala KPN. Ternyata sebenarnya itu tidak masalah. Sayangnya sudah lewat batas waktu,” kata Syamsuddin saat ditemui di kantornya, Senin (13/2).

Sesuai dengan aturan, guru yang memperoleh NRG pada 2010 baru menerima tunjangan setahun setelahnya. Dari sejumlah guru PAI di bawah Kemenag Solo yaitu 122 orang, hanya 22 yang sudah memperoleh tunjangan. Nilainya sekitar Rp 375 juta dan jumlah yang diterima masing-masing guru  sesuai dengan gaji pokok serta golongannya.

Sayang, batas waktu sudah terlewati, bahkan telah berganti tahun. Kemenag sebenarnya berharap tunjangan segera bisa dicairkan segera mungkin pada awal tahun ini.

”Tapi hingga sekarang belum juga bisa. Kelihatannya ada salah tulis anggaran pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang diberikan dari Kanwil. Anggaran yang seharusnya berkisar Rp 10 miliar hanya ditulis Rp 13,5 juta. Itu untuk satu guru saja masih kurang,” urainya.

Tetap Mengupayakan

Syamsuddin menyatakan belum tahu kapan dana bisa ditransfer ke masing-masing guru. Ada kemungkinan cair pada anggaran perubahan nanti atau sekitar pertengahan tahun. Namun mengingat semua anggaran (nonbelanja pegawai) masih diberi tanda ”bintang”, maka bisa saja cair setiap saat asalkan ada keputusan dari pusat.

Total dana Rp 10 miliar ini merupakan anggaran untuk guru PAI yang belum memperoleh tunjangan periode Juli-Desember 2011 dan anggaran tunjangan sertifikasi untuk tahun ini. Namun, pencairan tahun ini direncanakan tidak sama dengan tahun lalu, yakni per bulan.

Dia berharap para guru yang belum menerima tunjangan tetap sabar. Saat ini pihaknya tidak tinggal diam dan tetap berkoordinasi dengan Kanwil. ”Kami tetap berusaha mengupayakan kesejahteraan untuk guru. Tapi kami juga tidak ingin melanggar aturan,” tandasnya. (Hanung Soekendro-75)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER